Penjabat Bupati Lembata Lantik Tujuh Pejabat Eselon II, Inilah Nama Mereka

by -3,317 views

Penjabat Bupati Lembata lantik tujuh Pejabat Eselon II

LEWOLEBA, mediantt.com – Nama-nama yang dilantik, Jumat (12/1) siang oleh Pj Bupati Lembata, Matheos Tan, untuk mengisi kekosongan 7 jabatan di lingkup Pemerintah Kabupaten Lembata, tidak mengagetkan publik Lembata.

Pasalnya ketujuh nama tersebut telah diprediksi sebagian kalangan di Kota Lewoleba. Hal ini bukan karena ada apa-apanya, namun karena mereka selama ini telah menunjukkan kinerja dan dedikasi yang baik di bidang tugasnya. Selain itu, mereka juga dinyatakan lolos uji kompetensi secara profesional sehingga layak dipercayakan menahkodai 7 OPD yang lowong.

Tujuh OPD tersebut diantaranya Dinas PUPR, Perikanan, Koperindag, BPBD, Perhubungan, P2PA dan Dinas Kesehatan.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Pj Bupati Lembata, Matheos Tan di aula Anton Enga Tifaona, menyiratkan harapan besar akan kinerja pemerintah yang lebih baik.

Dalam sambutannya, ada dua hal penting yang menjadi penekanan Bupati Theo untuk dipedomani ke depan. Pertama, bahwa dalam rangka implementasi manajemen ASN berbasis merit sistem, secara bertahap Kabupaten Lembata telah memulainya.

“Dengan meletakkan fondasi yang sesungguhnya hingga saatnya nanti kita dapat menerapkan prinsip merit sistem secara massif dalam manajemen ASN,” tegas Bupati Theo.

Dijelaskan, salah satu prinsip merit sistem adalah adanya perlakuan secara adil dan wajar, dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur
dan kondisi kecacatan, selain kualifikasi, kompetensi dan kinerja.

Karena itu, Bupati berharap kepada para pejabat terlantik agar menjadi pelopor penyudahan terhadap fanatisme kelompok, penolakan akan kemajemukan, tindakan provokasi berlebihan melalui media sosial facebook, WA Group berbasis kelompok kepentingan, ataupun terhadap politik identitas yang mengental akhir-akhir ini.

Dia berharap, ASN bisa menjadi perekat pemersatu bangsa, fokus pada target-target kinerja, dan utamakan kepentingan negara, pemerintah, dan masyarakat Lembata.

Kedua, bahwa tugas saudara-saudara
menggerakkan bawahan/staf adalah
untuk menciptakan birokrasi yang sehat di unit kerja masing-masing, agar senantiasa menjaga,
mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab.

Selain itu, senantiasa sensitif dan responsif terhadap tantangan dan permasalahan baru yang timbul baik di dalam maupun di luar organisasi.

Bupati Theo juga berharap lagi, sebagai seorang pemimpin harus memiliki wawasan jauh ke depan dan mampu melakukan terobosan yang positif melalui pemikiran yang kreatif, inovatif dan sistemik untuk kepentingan organisasi.

“Pemimpin harus memiliki kemampuan mengkombinasikan berbagai sumber dan memanfaatkan sumber daya secara optimal sehingga dapat menghasilkan produktivitas kerja secara maksimal,” ujar Pj Bupati Lembata.

Untuk itu, dia menghendaki pejabat terlantik melaksanakan tugas yang dipercayakan dengan sungguh-sungguh. Menjaga amanah dan selalu menjalin kerjasama
untuk mencapai tujuan organisasi.

Hadir saat itu, selain Pj Bupati Lembata, Ketua DPRD Petrus Gero, Sekretaris Daerah, Paskalis Ola Tapo Bali, dan Rohaniwan pendamping serta Kepala OPD.

Berikut tujuh Pejabat Eselon II yang dilantik: Maria Anastasia Bara Baje, Kepala Dinas P2PA, Gerardus Ignasius Ataburan Korohana (Arko), Kepala Dinas PUPR, Johanes Arimon, Kepala Dinas Perhubungan.

Kepala BPBD dan Kepala Dinas Perikanan, dijabat oleh Andris Koban dan Hadi Umar. Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan dan Koperindag diserahkan kepada dr. Geril Huarnoning dan Wilhelmus Yopa. (baoon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *