Kinerja Menhan Prabowo: Ganjar dan Anies Bilang Minim, Ternyata Publik Akui Terbaik

by -142 views

Prabowo Subianto

KUPANG – Sudah sepekan berlalu. Sorotan atas kinerja Kementerian Pertahanan (Kemenhan) pimpinan Prabowo Subianto yang adalah Capres nomor urut (norut) 2, hingga kini tak kunjung surut. Pemicunya adalah penilaian minim yang dilontarkan oleh dua capres lainnya, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan saat debat ketiga Pilpres 2024, Minggu (7/1) lalu. Saat itu, Ganjar memberi skor 5 dari 10, sementara Anies memberi nilai 11 dari 100.

Ternyata penilaian minim Capres Ganjar dan Capres Anies itu berbeda amat ekstrim dengan persepsi publik Tanar Air atas kinerja Kemenhan pimpinan Prabowo Subianto. Gambaran jelasnya, setidaknya merujuk rekaman tiga lembaga survei dalam negeri, sebagaimana dirangkum CNN Indonesia, Jumat (12/1/2024).

Ketiga lembaga survei itu adalah Indo Strategi; Indikator Politik; dan Poltracking, yang melakukan risetnya antara Februari – Juni 2023. Kesemuanya menempatkan Prabowo Subianto sebagai menteri dengan kinerja terbaik di antara para menteri lainnya.

Lihat misalnya Poltracking yang menggelar surveinya selama Februari hingga April 2023. Tergambar 64,8 % responden mengaku puas (8,4 % sangat puas dan 56,4 % puas) atas kinerja Menhan Prabowo.

Gambaran mirip terungkap melalui hasil survei Indo Strategi. Menggelar survei pada 1-10 Mei 2023, hasilnya menyebutkan kinerja Menhan Prabowo menempati tangga puncak dengan skor 18,7 %. Posisi setelahnya ditempati Mensos, Menko Pulhukam, MenPUPR, MenBUMN dan lainnya.

Satu lagi dari Indikator Politik, yang melakukan surveinya pada 20 – 24 Juni 2023. Hasilnya menggambarkan lebih dari 80 % responden mengaku Menhan Prabowo berkinerja paling unggul. Menyusul di belakangnya: Menparekraf, Menkeu, MenBUMN, Menko Polhukam dan lainnya.

Berkaca dari rilis tiga lembaga survei tersebut, sebaiknya menjadi masukan berharga bagi kubu Capres Prabowo. Masukan itu diperlukan sebagai bahan baku merembukkan pandangan menyikapi penilain minin Capres Ganjar dan Capres Anies atas kinerja Menhan Prabowo. Jika berkenan, penilaian minim itu tidak perlu direspons dengan sikap kecewa atau pernyataan emosional.

Kubu atau pendukung Capres Prabowo sebaiknya berterima kasih kepada Ganjar dan Anies atas penilaian minimnya itu. Alasannya karena merendahkan atau menyerang orang/pejabat berkinerja baik akan mencurahkan efek elektoral positif bagi Prabowo. Tentu dari keberpihakan dan pembelaan publik di Tanah Air. (fs/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *