Puncak Arus Balik Mudik di Sumba Timur, Pelindo Tingkatkan Layanan

by -307 views

Suasana arus balik di Pelabuhan Waingapu.

WAINGAPU – Untuk mengantisipasi puncak arus balik mudik lebaran 2024 di Kabupaten Sumba Timur. PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Waingapu meningkatkan pelayanan terhadap penumpang.

General Manager (GM) PT Pelindo Waingapu Firman Fahruraji saat dikonfirmasi Selasa (23/4/2024) mengatakan, upaya mengatisipasi arus mudik balik lebaran 2024 di Sumba Timur. pihaknya terus berbenah guna peningkatan layanan untuk fasilitas penumpang. Hal itu dilakukan seiring bertambahnya jumlah arus penumpang untuk penumpang arus mudik 2024,

“Jadi untuk mengantisipasi arus mudik lebaran maupun balik kita terus lakukan layanan terbaik bagi penumpang agar semua berjalan lancar dan selamat sampai tujuan,” katanya.

Dia mengatakan, penambahan fasilitas yang cukup nampak dan penting antara lain adalah penerangan yang telah menggunakan lampu high mast dengan daya sorot tajam. Hal ini tentunya semakin memudahkan layanan penumpang dengan jadwal malam dan subuh di pelabuhan Waingapu.

Peningkatan layanan pun dilakukan dengan alokasi ruang tunggu kendaraan, pengantar dan penjemputan dengan alokasi RTK maka dapat menampung 40-50 kendaraan sehingga total daya tampung parkir kendaraan antar jemput kurang lebih 80-90 unit, yang terpisah menjadi dua titik.

Firman menyebut, dalam pelayanan arus mudik balik, Pelindo menyediakan posko pelayanan bersama yang melibatkan instansi KSOP selaku regulator pelabuhan, KP3 Laut, Pol Air, Pos AL Waingapu bersama PT Pelni, ASDP dan PT DLU selaku operator kapal.

“Diharapkan dengan adanya Posko bersama dapat memudahkan penumpang dalam mengakses informasi dan peningatan layanan keamanan selama berada didalam area pelabuhan,”ujarnya.

Menurut dia, Pelindo terus melakukan, perbaikan dalam peningkatan layanan guna mengantisipasi lonjakan arus penumpang dan barang yang tentu kedepannya berkolaborasi bersama Stakeholder terkait, khususnya Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Waingapu selaku regulator pelabuhan.

“Perlu diketahui pula bahwa jumlah penumpang naik di pelabuhan Waingapu sejumlah 4.410 sedangkan penumpang turun sejumlah 3.733 khusus bulan April 2024,” jelas Firman.

Dia berharap, dengan ketertiban berbagai pihak dalam arus balik mudik tahun ini dapat meningkatkan layanan tehadap penumpang yang singgah di pelabuhan Waingapu. (budian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *