BMPS NTT Gelar Hybrid Festival 2021 Libatkan Semua Sekolah Swasta

by -116 views

Winston Rondo

KUPANG – Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Nusa Tenggara Timur kembali menggelar Festival Sekolah Swasta dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK swasta se-NTT. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada 28 Oktober 2021 berkenan dengan momentum hari Sumpah Pemuda.

Dalam rilisnya Selasa (19/10), Ketua BMPS Provinsi NTT, Winston Neil Rondo, menjelaskan, kegiatan tersebut sudah berlangsung tiga kali dengan beragam tema, mulai dari Festival SMA/SMK Swasta, Pentas Seni Online, dan saat ini merupakan event keempat yang digabungkan dengan beragam kegiatan.

Winston yang didampingi Pengurus BMPS NTT, Romo Kornelis Usboko dan Evy Mauboy mengatakan, kehadiran BMPS NTT tetap menggelorakan semangat bagi Yayasan, Guru dan Siswa sekolah-sekolah swasta di NTT untuk tetap berjuang mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana yang diamanatkan UUD 1945. Semangat yang digelorakan itu, lanjut Winston, bertujuan agar guru-guru dan siswa tidak merasa sendiri, terus bergandengan tangan dengan meningkatkan karakter, mental dan kreatifitas siswa sebagai SDM bagi bangsa Indonesia ke depan.

Mantan Ketua Komisi V DPRD NTT ini membeberkan, Festival kali ini dinamakan GENCAR (Generasi Cerdas & Smart) BMPS Hybrid Festival 2021 yang akan diselenggarakan selama tiga hari mulai tanggal 28-30 Oktober 2021. “Akan ada beberapa agenda besar dalam penyelenggaraan festival kali ini. Di hari pertama untuk SMA/SMK Swasta se-NTT kita adakan Webinar Literasi Digital dengan tema ‘Merdeka Belajar & Transformasi Digital dalam Dunia Pendidikan’ bersama narasumber Menteri Pendidikan, Mas Nadiem Makarim dan Ketua BMPS Nasional bapak Ki Saur Panjaitan,” ungkap Winston.

Usai Webinar, kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan Lomba Pidato memperingati hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021, dengan tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. “Di hari ke dua kita adakan Pensi Online untuk ke dua kalinya yang merupakan project turunan hasil kreatifitas berpikir BMPS NTT. Diharapkan guru-guru dan siswa dapat terlibat secara aktif dengan kreatifitas masing-masing, Guru bersama siswa dapat menciptakan karya kreatifitas berupa nyanyi solo, paduan suara, tarian daerah, gitar, sasando, biola, drama singkat, film pendek, puisi, fashion show, pidato, cover lagu dan karya lainnya yang akan dikirimkan ke BMPS untuk diputarkan saat Pensi Online berlangsung,” urai Winston lagi.

Sementara pada hari ke tiga, puncak acara, BMPS masih akan melombakan perlombaan tingkat SD dengan mengadakan Bolelebo Festival bagi siswa SD dan SMP Kota Kupang yang di dalamnya ada beberapa jenis perlombaan; mewarnai tingkat SD Kelas 1-3, Fashion Show Tingkat SD dan Fashion Show Tingkat SMP.

Dia menambahkan, semua penyelenggaraan acara Hybrid dengan protokol kesehatan yang ketat. Yang hadir secara onside khusus hanya untuk peserta yang terlibat baik dalam acara Webinar Literasi Digital, Lomba Pidato, Pensi Online, Lomba Mewarnai ataupun Lomba Fashion show. (*/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *