SMK Negeri 2 Kupang Terapkan Jurusan Baru TESHA dan Geomatika

by -272 views

Willem A. Kana, S.Pd, MT

KUPANG, mediantt.com – Kendati masih dilanda pandemi Covid-19, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kupang, sudah mulai dengan pembelajaran tatap muka. Tatap muka ini dengan pola shift; ada siswa yang belajar dari rumah dan ada yang belajar tatap muka di sekolah. Yang menarik, SMK Negeri 2 yang dulu dikenal sebagai STM Negeri, mulai menerapkan jurusan baru yakni Geomatika dan Teknologi Energi, Surya, Hydro dan Angin (TESHA).

“Kita sudah memberlakukan belajar tatap muka di sekolah. Tapi sesuai petunjuk dari kementerian pendidikan, bahwa maksimal 18 orang untuk tatap muka di sekolah. Karena itu, kita gunakan pola shift; ada siswa yang belajar onlone dari rumah dan ada yang tatap muka di sekolah. Tentu dengan prokes yang ketat,” jelas Plt Kepala SMK Negeri 2 Kupang, Willem A. Kana, S.Pd, MT, kepada mediantt.com di ruang kerjanya, Selasa (19/10/2021).

Dia menjelaskan, para guru juga telah menyiapkan diri untuk membantu siswa yang belajar di rumah maupun di sekolah. Artinya, meskipun ada yang di rumah dan di sekolah tapi prinsipnya sama-sama belajar. “Guru memfasilitasi semua siswa. Yang di rumah ada kesulitan dengan mata pelajaran tertentu bisa datang ke sekolah bertemu guru. Siswa difasilitasi untuk mengerti. Yang di rumah juga disiapkan fasilitas akun pembelajaran gratis,” tegas Alumni STM Negeri tahun 1982 ini.

Menurut dia, kendala yang dihadapi adalah kebiasaan siswa yang terlalu lama belajar online di rumah selama pandemi. Sehingga ketika ke sekolah mereka masih juga rindu rumah. Tapi ketika belajar di rumah mereka malah rindu sekolah. “Sekolah berusaha memfasikitasi agar para siswa bisa nyaman belajar, baik di rumah maupun di sekolah,” ujarnya.

Dia juga nengatakan, khusus bagi siswa praktek wajib belajar di sekolah. Karena mereka harus dibimbing langsung oleh guru praktek dalam membuat project yang bermakna dan kontekstual untuk kebutuhn pasar dan industri.

Jurusan Baru

Willem Kana juga menjelaskan, saat ini SMK Negeri 2 Kupang telah menerapkan dua jurusan baru, yakni Geomatika dan Teknologi Energi, Surya, Hydro dan Angin (TESHA). “Geomatika sudah diterapkan tapi jurusan terbaru dan banyak diminati siswa adalah TESHA. Karena khusus belajar tentang teknologi lampu jalan, tenaga surya, tenaga angin dan tenaga air. Saat ini ada 5 guru kita yang sedang upgrade atau Diklat di Bandung tentang TESHA ini,” tegas Wellem Kana. (jely)

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments