KITA SEHATI Menang 90 Persen di Bikomi karena Ingat Jasa Ray

by -857 views

“Di Bikomi ini semua masyarakat masih mencintai Bupati TTU yang sekarang Ray Fernandez. Jadi kalau kami ingat Bapa Ray maka pasti kami juga akan menangkan mama Kristiana Muki dan Bapa Yosef Tanu”

KEFAMENANU – Pasangan Cabup Kriatiana Muki-Yosef Tanu atau yang dikenal dengan paket KITA SEHATI, mendapat sambutan luar biasa saat berkampanye. Ada warga yang berani meramal paket ini bakal menang 90 persen karena mengingat jasa Bupati saat ini, Raymundus Fernandes.

Yosef Tanu Calon Wakil Bupati Timor Tengah Utara (TTU) dari Paket KITA SEHATI nomor urut 1 yang mendampingi Kristiana Muki Calon Bupati TTU, mengunjungi dua desa di akecamatan Biboki Anleu dalam kesempatan melaksanakan kampanye terbatas pada Selasa (6/10/2020).

Kedua lokasi kampanye yang dikunjungi antara lain Dusun II Lalenok, Desa Tuamese dan RT 8 Saknati serta Dusun I Nekus di Desa Maukabatan, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara.

Tepat pukul 12.00 Wita Yosef Tanu dan rombongan memasuki Dusun III Lalenok, Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu. Masyarakat sangat antusias menyambut kedatangan Calon Wakil Bupati TTU ini dengan tarian dan pengalungan selendang, serta penuturan adat takanab sebagai budaya khas atoin meto.

Sementara itu, Alexander Welhelmus Mone Sau sebagai pemandu acara membakar semangat masyarakat dengan meneriakkan yel-yel Paket KITA SEHATI dan memperkenalkan Kristiana Muki dan Yosef Tanu kepada masyarakat yang hadir dalam kampanye terbatas itu.

“Mama Kristiana Muki adalah perempuan pertama yang mencalonkan diri sebagai Calon Bupati TTU. Beliau tidak mau mencalonkan diri, namun karena permintaan dari Partai Nasdem untuk kembali dari Jakarta untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di TTU. Sedangkan Pak Yosef Tanu sendiri melepaskan jabatan Kabag Umum dan juga tidak mau dilantik menjadi Kadis PMD untuk mendampingi Kristiana Muki dalam Pilkada TTU tahun ini,” jelas Alex Mone Sau.

Dalam pemaparan visi misinya, Yosef Tanu menjelaskan tentang dirinya dan Kristiana Muki yang dipandang baik oleh Partai Nasdem sehingga dipanggil dan dicalonkan sebagai Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati TTU.

“Kami sebenarnya memiliki pekerjaan masing-masing dan sudah nyaman untuk menjalaninya, namun karena diminta secara khusus oleh Partai Nasdem maka harus tunduk. Mama Kristiana Muki waktu itu menjabat sebagai DPR RI dan saya mau dilantik menjadi Kadis PMD. Sebagai DPR RI, Mama Kristiana itu punya banyak penghasilan dalam sebulan. Jadi jika dilihat dari segi penghasilan, kami sudah cukup. Jadi tidak ada alasan untuk isu politik dinasti,” tegas Yosef Tanu.

Selain itu, Yosef Tanu mengatakan, “Partai Nasdem sudah melakukan survei dan Paket KITA SEHATI sudah mencapai 56 persen. Jadi, saya berharap supaya jangan buang suara untuk orang yang kalah tetapi kita pilih orang yang sudah pasti menang. Kami juga minta masyarakat jangan salah pilih orang supaya tidak menyesal.”

Tepat pukul 15.25 Wita Calon Wakil Bupati dan tim bergeser ke Desa Maukabatan, RT 8 Saknati, Kecamatan Biboki Anleu. Masyarakat menyambut dengan tarian dan pengalungan selendang. Sementara tetua adat menyambut rombongan dengan takanab.

Yosef Tanu menyerahkan tua nok kabi kepada para tua adat sebagai tanda kerendahan hati dan juga sebagai atoin meto yang paham adat istiadat. Tetua adat yang menerimanya antara lain Tua Bana, Tua Kebo, dan Tua Falo. Kabi nok tua diterima oleh tetua sembari mendoakan kemenangan bagi Paket KITA SEHATI.

Yosef Tanu mengatakan, “kita masyarakat TTU sedang dalam kondisi krisis air minum. Oleh sebab itu, kita akan memperhatikan keluhan masyarakat dengan menggalakkan program tanam air panen air. Caranya kita akan membuat sumur resapan dan kami mengajak masyarakat untuk mengadakan reboisasi di kitaran mata air. Kami juga akan memperbanyak jumlah cekdam”.

“Harusnya dalam kesempatan kampanye terbatas ini, saya bersama dengan Mama Kristiana Muki, namun Mama hari ini juga melakukan kampanye di tempat lain. Kita mengusahakan agar semua masyarakat di TTU dapat kita datangi untuk menyampaikan visi misi dari Paket KITA SEHATI,” ungkap mantan Kabag Umum Setda Kabupaten TTU ini.

Terakhir Yosef Tanu bersama tim mengunjungi Desa Maukabatan, Dusun I, Nekus, Kecamatan Biboki Anleu, pukul 17.21 Wita. Masyarakat menyambut hangat Yosef Tanu dengan tarian dan pengalungan selendang serta penuturan takanab oleh para tua adat setempat.

Sesuai dengan aturan KPU mengenai protokol kesehatan, Yosef Tanu dan tim mencuci tangan dan melakukan pengukuran suhu tubuh dengan thermo gun. Kemudian masyarakat mengiring rombongan ke dalam tenda kampanye terbatas.

Sebeblum melakukan kampanye terbatas, Yosef Tanu memasang lilin di TPU Nekus Maukabatan bersama keluarga pada pukul 17.58 Wita.

Berdayakan Perempuan

Di BIboki Tengah, Yosef Tanu melakukan kampanye terbatas di tiga titik yakni, di Desa Kuanek pukul 11.30 Wita, di Desa Oenino pukul 13.44 Wita, dan di Dusun I serta Dusun 2, Desa Oenenu Selatan pukul 17.11 Wita. Yosef Tanu didampingi tim pemenangan Paket KITA SEHATI tampak mengenakan pakaian adat Bikomi.

Di Desa Kuanek, Yosef Tanu diterima secara adat dan dikalungi selendang oleh yang bertugas dan diterima dengan tutur adat yang diwakili oleh pemangku adat bernama Ignasius Olin.

Sebelum kampanye, Yosef Tanu memberikan kabi dan tua sebagai wujud menghormati budaya Dawan sambil meminta dukungan dari para tua adat dan masyarakat Desa Kuanek untuk memilih Paket KITA SEHATI agar menang di Pilkada TTU 9 Desember 2020.

Dalam pemaparan visi misi dan program kerjanya, Yosef Tanu terlebih dahulu memperkenalkan diri dan memperkenalkan sosok Kristiana Muki, serta mengemukakan alasan keduanya maju bertarung di Pilkada 2020 ini.

Di tempat ini, Mama Yosefina Abi mewakili ibu-ibu kepada wartawan mengatakan, mereka meminta jika Kristiana Muki dan Yosef Tanu menjadi Bupati dan Wakil Bupati TTU, hendaknya melakukan pemberdayaan terhadap semua perempuan terutama melalui tenun ikat.

“Selama ini kami belum ada kelompok tenun ikat. Tenun ikat di sini hanya milik per orangan. Pengalaman selama ini kalau tenun kain dengan motif yang berbeda-beda itu itu kerjanyan lama dan rumit. Harga jual 1.500.000 rupiah dan kalau ditawar hanya 1.000.000 rupiah atau 700.000 rupiah. Itu harga rendah sekali tidak sebanding dengan proses kerja yang kami lakukan. Jadi kalau mama Kristiana Muki jadi Bupati TTU, tolong perhatikan ini supaya tenun ikat tetap ada lewat pemberdayaan perempuan. Selain itu, tolong diatur harga pasarnya supaya tidak murah sekali,” harap Mama Yosefina.

Sedangkan, Mama Rofina Sasi menimpali, jika Kristiana Muki dan Yosef Tanu menang di pilkada tahun 2020 ini supaya memaksimalkan potensi pertanian.

“Di sini tidak ada sawah. Kami kerja kebun lahan kering. Karena itu, kami berharap kami dibantu dengan pupuk dan bibit,” ucap Mama Rofina.

Mama yang lain lagi, Reynoldis Boymau berkata, “kami mendukung Mama Kristiana Muki dan Bapa Yosef Tanu menjadi Bupati dan Wakil Bupati TTU. Kami akan pilih Paket KITA SEHATI nomor urut 1. Jika Mama Kristiana Muki dan Bapa Yosef Tanu jadi Bupati dan Wakil Bupati TTU, kami berharap supaya memperhatikan anak-anak SMA yang baru saja menyelesaikan pendidikannya dengan lapangan kerja di TTU sehingga tidak ada yang pergi merantau ke luar negeri dan menjadi korban perdagangan orang.”

Pukul 13.44 Wita Yosef Tanu berkampanye di Desa Oenino. Di desa ini Yosef Tanu diterima secara adat oleh para tua adat. Yosef Tanu juga menyerahkan kabi dan tua lalu memohon dukungan bagi Kristiana Muki dan Yosef Tanu dalam pilkada 9 Desember 2020, di hadapan perwakilan Suku Subun Tahoni, Suku Neka Ma Tnomel, dan Suku Sanam Kule.

Di Desa Oenenu Selatan ini, Yosef Tanu disambut meriah oleh ratusan warga dengan tarian sebelum menyerahkan kabi dan tua dan meminta dukungan kepada dirinya bersama Kristiana Muki. Tetua adat yang hadir juga menerima Yosef Tanu dengan upacara menyembelih dua ekor ayam. Ini dimaksudkan meminta leluhur dan alam serta semua masyarakat untuk memilih Yosef Tanu dan mendukung Paket KITA SEHATI.

Tetua adat yang melakukan ritual itu menyampaikan bahwa, setelah melihat usus ayam yang dipotong, tandanya baik dan hasilnya juga baik. “Alam dan leluhur mendukung dan merestui Kristiana Muki sebagai perempuan pertama di TTU bersama anak muda yang cekatan yaitu Yosef Tanu dalam pilkada ini. Saya ramalkan bahwa di Bikomi ini, Paket KITA SEHATI ini bakal menang 90 persen. Di Bikomi ini semua masyarakat masih mencintai Bupati TTU yang sekarang yakni Ray Fernandez. Jadi kalau kami ingat Bapa Ray maka pasti kami juga akan menangkan mama Kristiana Muki dan Bapa Yosef Tanu,” ujar salah satu tua adat yang tidak mau disebutkan namanya.

Yosef Tanu tampak bersemangat, menyampaikan semua program kerja dan visi misi yang akan dilakukan Kristiana Muki bersama dirinya jika terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati TTU Periode 2021-2025.

Menurut Tanu, fokus pembangunan yang dilakukan Paket KITA SEHATI selama lima tahun saat memimpin Kabupaten TTU ini adalah memaksimalkan potensi peternakan, pertanian, perikanan, pariwisata, kesehatan, pendidikan, penataan birokrasi yang bersih, mengangkat guru-guru honor komite menjadi guru kontrak daerah, mengangkat para tenaga medis yang masih honor menjadi tenaga kontrak, memberikan beasiswa, penataan tata kota, pemberdayaan masyarakat desa, serta melanjutkan pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat.

“Jika diberikan kepercayaan oleh masyarakat di Biinmaffo ini, maka saya bersama Ibu Kristiana Muki akan memaksimalkan potensi yang ada untuk membangun TTU menjadi semakin lebih baik,” ucap Yosef Tanu disambut tepukan tangan meriah dari warga.

Yosef Tanu juga menegaskan, majunya Kristiana Muki yang didampingi dirinya bertarung di pilkada ini tidak untuk meneruskan atau menjaga dinasti politik. “Ini negara demokrasi. Dan kami juga mengikuti semua tahapan yang ada melalui proses demokrasi pula. Kami melewati survei Partai Nasdem, lalu diusung. Kemudian kami melakukan sosialisasi, deklarasi, mendaftar di KPU, berkampanye dan akan melewati proses pemilihan pada 9 Desember nanti. Itu semua mekanisme yang kami ikuti secara bertahap dan sesuai dengan undang-undang. Jadi jangan dengar siapapun yang datang dan menyampaikan bahwa Ibu Kristiana Muki dan saya yang maju ini karena ingin meneruskan dinasti politik di TTU. Untuk membuktikan bahwa kami juga bisa kerja dan membangun TTU ini, marilah pilih Paket KITA SEHATI nomor urut 1,” tandas Mantan Kepala Bagian Umum Setda Kabupaten TTU ini. (suluh/st)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments