SAHABAT Fokus ke Lima Agenda Besar untuk Kemajuan Belu

by -412 views

ATAMBUA – Tekad politik pasangan
Calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Belu, Willy Lay dan Ose Luan, yang populer dengan tagline SAHABAT, untuk memajukan Kabupaten Belu lima tahun k3 deoan sudah bukat. Paket incumben ini akan fokus pada lima agenda besar.

Lima agenda besar itu, adalah ; peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan kualitas kesehatan, pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan pengembangan pariwisata, percepatan pembangunan infrastruktur berbasis tata ruang dan lingkungan hidup, juga peningkatan kinerja birokrasi dan pelayanan publik.

Hal ini disampaikan Ketua Tim pemenangan paket Sahabat, Benny Kenen Budy dan komponen paket Sahabat kepada wartawan, melalui siaran pers yang diterima Rabu (7/10/2020).

“Pak Willy Lay dan pak Ose Luan, dua figur calon pemimpin Belu lima tahun ke depan dengan lima agenda besar pembangunan. Mereka ingin agar ada peningkatan kualitas pendidikan dan peningkatan kualitas kesehatan bagi masyarakat. Masyarakat berdaya secara ekonomi dan pariwisata dikembangkan. Pembangunan infrastruktur Belu berbasis tata ruang dan lingkungan hidup. Kinerja birokrasi juga meningkat agar pelayanan publik berjalan lancar,” jelas Kenen Budi.

Di bidang Pendidikan, Benny Kenen Budy menyebut adanya pemberian susu bagi anak-anak di lembaga PAUD, support seragam sekolah bagi anak SD dan SMP, peningkatan insentif bagi tutor dan pengelola PAUD, pembangunan gedung PAUD di dusun, peningkatan insentif guru di daerah terpencil, beasiswa bagi siswa berprestasi yang tidak mampu di Perguruan Tinggi yang bekerjasama dengan Pemda, optimalisasi program pendidikan non-formal, pembangunan asrama mahasiswa Belu di TTU.

Benny juga mengatakan, di bidang kesehatan, paket Sahabat akan menuntaskan Jaminan Pembiayaan Pelayanan Kesehatan, program JKN-KIS melalui JAMKESDA bagi masyarakat tidak mampu. Selain itu ada pengurangan prevalensi stunting dan pemberian insentif tambahan bagi kader posyandu. Adanya peningkatan mitigasi atas pandemi Covid-19 dan kesiapan untuk penanganan kesehatan terkait pandemi Covid-19. Lalu ada pencegahan narkoba dan HIV/AIDS, optimalisasi puskesmas sebagai unjung tombak kesehatan masyarakat, meningkatkan pengetahuan dan integrasi pendekatan preventif dan promotif dalam program kesehatan.

Di bidang Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan dan Pariwisata, Benny menyebut beberapa kegiatan terkait seperti; melanjutkan pembukaan dan pengolahan lahan pertanian bagi masyarakat, penggunaan teknologi pertanian tepat guna, pengembangan pariwisata berbasis masyarakat, peningkatan sarana dan prasarana perikanan. Selain itu, ada pemberian benang tenun ikat secara gratis sebagai upaya mendukung pemberdayaan ekonomi warga berperspektif pelestarian Budaya Belu, insentif bagi peternak yang berhasil dalam inseminasi buatan, dan peningkatan keterampilan atau keahlian bagi pemuda pemudi untuk pemberdayaan.

Sementara di bidang infrastruktur dan lingkungan hidup, lanjut Ketuam Tim Paket Sahabat, semua jalan menuju kantor desa akan diaspal, ada peningkatan kualitas perumahan rakyat dan penyediaan lahan perumahan bagi relokasi warga serta menangani masalah sosial dalam pembangunan Bendungan We Likis. “Juga ada peningkatan pengelolaan lingkungan hidup,” ujarnya.

Terkait Peningkatan Birokrasi dan Pelayanan Publik, Ketua Tim Pemenangan Paket Sahabat itu mengungkapkan program paket Sahabat mencakup beberapa kegiatan unggulan yakni; peningkatan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pelayanan publik. Selain itu, ada penataan rumah adat dan pemberian insentif kepada lembaga adat serta pemberian hibah bagi lembaga keagamaan dan penguatan organisasi perlindungan bagi perempuan dan anak. Ditambah pemberian tambahan penghasilan (TPP) bagi ASN. (*/st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *