Waspada! Jumlah ODP di NTT Bertambah Jadi 301 Orang

by -132 views

KUPANG – Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT yang juga juru bicara Covid-19, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si mengupdate data terkini terkait penanganan Corono Virus Desease (Covid)-19 di NTT. Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga malam ini telah berjumlah 301 orang.

“Ya, hingga malam ini pukul 21.00 wita jumlah ODP Covid-19 sebanyak 301 orang. Siang tadi berjumlah 254 orang. Ini berarti ada tambahan jumlah ODP sebanyak 47 orang,” tandas Marius kepada pers di ruang biro, Kamis (26/3/2020) malam.

Dia merinci Kota Kupang ODP berjumlah 48 orang; yang sembuh 10 orang, sisa 38; yang rawat nginap dua di rumah sakit Prof. Dr. W. Z. Johanes Kupang; sedangkan yang 36 karantina mandiri. Kabupaten Lembata berjumlah 12 orang, sembuh tiga orang; karantina mandiri sembilan (9) orang. Kabupaten Manggarai Barat ODP 38 orang dan semuanya karantina rumah.

Kabupaten Kupang 9 dan semuanya karantina mandiri.
Kabupaten Sikka, lanjut Marius, 39 orang sembuh 11 orang dan jumlah 28 sedang karantina mandiri. Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) 15 orang dan semuanya karantina mandiri.

Di Kabupaten Manggarai Timur 6; rawat nginap satu orang di rumah sakit Ben Mboi Ruteng; karantina rumah 5 orang. Kabupaten Flores Timur jumlah 5, semuanya sedang karantina rumah. Kabupaten Malaka satu (1) dan kini sedang rawat nginap di rumah sakit Prof. Dr. W. Z. Johanes Kupang.

Di Kabupaten Alor satu orang dan kini telah sembuh. Kabupaten Sumba Timur 30 orang dan satu orang sedang rawat nginap di rumah sakit Umbu Rarameha; karantina mandiri 29 orang. Kabupaten Belu 18 orang; satu orang sedang rawat nginap di rumah sakit Prof. Dr. W.Z. Johanes Kupang; dan ada 17 orang karantina mandiri.

Di Kabupaten Sumba Barat Daya 13 orang dan semuanya sedang karantina mandiri. Di Kabupaten Ende jumlah 5, sembuh satu dan ada 4 sedang karantina mandiri. Kabupaten Manggarai jumlah 6 dan semuanya sedang karantina mandiri.

Kabupaten Rote Ndao 20, Sumba Tengah 4, Kabupaten Ngada 14, Kabupaten Nagekeo 14; satu orang sedang rawat nginap di rumah sakit TC Hilers Maumere; dan ada 13 orang karantina mandiri. Kabupaten Sabu Raijua 3 orang.

“Sehingga total menjadi 301 ODP. Yang sembuh 26 orang. Jumlah ODP ini menjadi 275; rawat nginap 7 orang dan 268 yang sedang karantina mandiri,” jelas Marius.

Ia juga menegaskan, PDP (Pasien Dalam Pengawasan) berjumlah 3 orang; satu orang meninggal, satu orang sembuh; sisa 1 yang kini sedang dirawat di rumah sakit Komodo Labuan Bajo.

Melihat data yang fluktuatif seperti ini, sebut Marius, masyarakat NTT diminta patuh dan taat terhadap protap yang telah dikeluarkan baik oleh WHO maupun otoritas pemerintah di republik ini. “Karena itu, kita terus mengimbau agar orang-orang NTT yang sekarang sedang masuk di NTT apakah sebagai TKI atau TKW dari Malaysia; maupun orang-orang NTT yang datang dari berbagai provinsi yang telah terpapar virus corona maka pastikan diri anda sehat dan segera lakukan isolasi secara mandiri,” pesan Marius. (valeri guru/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *