DPRD Ende Dukung ‘Tour de Flores’

by -34 views

Ende, mediantt.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ende menyatakan mendukung sepenuhnya Tour de Flores yang dijadwalkan digelar Mei mendatang.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Ende, Herman Yosep Wadhi, kepada mediantt.com di kantor DPRD Ende, Jumad (22/1).
Ia mengatakan, Flores memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Seperti halnya binatang langkah Komodo dan danau tiga warna Kelimutu sebagai obyek wisata prioritas Flores.
“Masih banyak kekayaan alam di Flores. Masing-masing kabupaten juga banyak potensi yang luar biasa,” ujar Hery.
Menurut dia, sekitar ratusan potensi wisata yang belum diekspos, salah satunya potensi yang belum diketahui adalah danau Teratai yang berada di Pota, Manggarai Timur.
Selain itu, beberapa potensi lain di Kabupaten Ende seperti air terjun bertingkat Aendere, Danau Tiwusora di Kecamatan Kotabaru, air panas Detusoko dan beberapa tempat wisata lainnya.
“Ada juga beberapa potensi pada daerah-daerah lain di Flores yang belum dipromosikan. Kita beda dengan pulau-pulau lain. Kalau berwisata hanya satu minggu tidak cukup. Harus berbulan-bulan,” katanya.
Ia juga menjelaskan, bidang pariwisata merupakan pembangunan prioritas untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Karena itu, ia berharap, dengan adanya kegiatan Tour de Flores dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“Ya, kita harapkan bisa membawa perubahan bagi masyarakat Flores. Kami sangat mendukung dan siap untuk membawa perubahan pada bidang pariwisata,” tegasnya.
“Kami juga harap Tour de Flores tidak sekedar event atau ajang yang sifatnya hura-hura. Kita mendukung jika dapat mensejahterakan masyarakat Flores dari sisi pariwisata,” tutur Hery Wadhi, menambahkan.
Hery juga berharap agar penyelenggara maupun peserta Tour de Flores dapat mendorong Danau Kelimutu sebagai keajaiban dunia. Menurut dia, Kelimutu merupakan kekayaan alam dengan keunggulan tiga warna dan berubah-ubah pada waktu-waktu tertentu.
“Kelimutu itu bisa dikatakan keajaiban dunia. Karena danau bisa berubah warna. Nah, ini perlu kita dorong menjadi keajaiban dunia,” harap Hery. (ian bala)

Foto : Ketua DPRD Ende Herman Yosep Wadhi.