Paroki Sta Maria Assumpta Berbagi Kasih dengan Umat Korban Badai Seroja

by -197 views

Pastor Paroki, RD Rudolf Tjung Lake, bersama Pengurus DPP menyerahkan bantuan untuk umat.

KUPANG, mediantt.com – Di saat banyak korban masih merintih karena belum kebagian bantuan, umat Paraki Sta Maria Assumpta Kota Baru Kupang, telah menerima uluran kasih dari gereja katolik. Itulah wujud cinta dan kehadiran gereja bagi umat yang terdampak badai siklon tropis seroja. Tidak berbelit-belit, karena bantuan langsung diserahkan ke tangan umat yang menjadi korban badai seroja.

Disaksikan mediantt.com, pekan lalu, pembagian bantuan itu disalurkan langsung oleh Pastor Paroki Sta Maria Assumpta, RD Rudolf Tjung Lake. Dia didampingi Ketua Dewan Pimpinan Paroki (DPP) Ny Sisillia Sona dan pengurus. Mereka berkeliling door to door menyerahkan bantuan bagi para korban seroja di setiap Kelompok Umat Basis (KUB).

Bantuan yang diserahkan kepada setiap kepala keluarga itu antara lain, uang tunai (ada yang terima Rp 500.000, ada yang Rp 1.000.000), beras 5 kg, telur 1 rak, mie 1 dos, seng, paku seng, kayu dan tripleks. Khusus seng diberikan sesuai tingkat kerusakan rumah umat; ada yang bisa mendapat 50 lembar, ada yang 20 lembar.

Selain dari Paroki Assumpta, juga ada bantuan dari Perhimpunan Tionghoa Indonesia (INTI) NTT, yang dikoordinir oleh Theo Widodo. Bantuan mereka berupa bahan bangunan terutama seng, yang jumlahnya bervariasi: ada yang 10 lembar, ada pula yang 30 lembar dan paku seng.

“Atas nama seluruh umat Paroki Sta. Maria Assumpta, khususnya umat yang menerima bantuan dari kebaikan hati para donator, saya sebagai Pastor Paroki menyampaikan limpah terima kasih kepada para donator yang telah meringankan penderitaan umat yang terkena dampak bencana siklon tropis seroja. Semoga Tuhan memberkati
kebaikan hati para donator dan melimpahkan kesehatan jiwa dan raga,” tutur Pastor Paroki yang akrab disapa Romo Rudy ini.

RD Rudy juga merincikan, total keseluruhan bantuan yang disalurkan melalui Paroki Sta. Maria Assumpta kepada umat yang membutuhkan, adalah uang tunai Rp 55.510.000, beras 1.580 kg, telur 81 Rak, mie 131 dos, minyak goreng 10 karton, sabun mandi 5 dos, sabun antiseptic 5 dos, biskuit UBM 8 dos, susu Dancow 9 dos, tikar 100 lembar, selimut 50 lembar, terpal 3×4 50 lembar, pakaian layak pakai 3 kantong, seng 73 lembar, tripleks 10 lembar, paku seng 5 kg, paku 12 cm 2 kg, dan kayu lata 12 batang.

Selain itu, menurut Romo Rudy, Paroki Sta Maria Assumpta juga menyalurkan bantuan untuk umat Kuasi Paroki Sta Imaculata Batuna Amarasi Barat. Bantuan itu berupa beras 1.000 kg, mie 50 dos, minyak goreng 10 karton, sabun mandi 5 dos, sabun antiseptic 5 dos, biskuit UBM 8 dos, susu dancow 9 dos, tikar 100 lembar, selimut 50 lembar, terpal 3×4 50 lembar, dan pakaian layak pakai 3 kantong.

Terima Kasih

Theo Widodo, Koordinator Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI), juga menyampaikan terima kasih kepada Pastor Paroki, Romo Rudy, ketua dan pengurus DPP yang amat peduli pada nasib umat. “Terima kasih bapa ibu Ketua KUB dan Wilayah yang sudah berupaya keras mengatasi masalah yang menimpa anggota KUB-nya. Bantuan bahan bangunan dari Perhimpunan INTI tidak cukup banyak, tapi semoga bantuan itu bisa sedikit mengurangi beban umat,” kata pemilik Toko Bangunan Setia Jaya di kompleks Ruko Oebobo ini.

Sementara itu, Ketua DPP Paroki Sta Maria Assumpta, Sesilia Sona, juga mengatakan, meski bantuan yang diberikan tidak mencukupi tapi sangat bernilai bagi umat yang sangat membutuhkan.

“Terima kasih untuk para donatur, pastor paroki, pastor rekan, Pak Theo dan komunitas INTI juga Kompas. Inilah indahnya hidup berbagi dalam susana penuh persaudaraan dan kekeluargaan,” kata Sisilia Sona. (jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments