Kodim Ende Gelar Lomba Pidato Kebangsaan

by -178 views

ENDE – Memperingati Hari Ulang Tahun TNI ke-72 dan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif ,Kodim 1602 Ende menggelar lomba pidato Kebangsaan dan paduan suara tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama se-kabupaten Ende. Sekolah-sekolah tersebut merupakan utusan dari empat Koramil di wilayah Kodim 1602 Ende.

“Lomba ini untuk memupuk rasa cinta Tanah Air serta semangat bela negara kepada para peserta khususnya dan anak didik di tingkat SD dan SMP. Mereka yang ikut lomba ini adalah perwakilan terbaik dari koramil-koramil yang sudah di seleksi secara ketat,” kata Dandim 1602 Ende, Letkol Kav Suteja, saat membuka lomba tersebut, Selasa (19/9).

Ia menyebutkan, keempat koramil yang ada masing-masing Koramil Wolowona, Koramil Wolowaru, Koramil Maurole dan Koramil Detusoko.  “Yang terbaik tingkat koramil kita lombakan tingkat Kodim, yang terbaik tingkat Kodim kita kirim ke Korem, begitu seterusnya hingga Kodam,” sebut Suteja.

Ia menyebutkan,  tema umum lomba adalah “Saya Indonesia, Saya Pancasila”. Dari tema itu, para siswa bisa mengembangkan secara bebas namun tidak keluar dari tema utama. “Lomba pidato ini merupakam program dari TNI Angkatan Darat. Tujuan besarnya adalah menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dan bangga menjadi warga bangsa dan Negara Indonesia,” tegasnya, mengingatkan.

Ia juga berharap, dengan kegiatan ini para siswa bisa lebih mencintai negara Republik Indonesia yang pluralis, yang toleran berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 45, yang terbingkai dalam lambang Bhineka Tunggal Ika dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Seperti disaksikan, para peserta membawakan pidato dengan baik dan berapi-api seperti orator ulung. Rata-rata peserta menggunakan teks namun ada juga peserta SD utusan koramil Wolowona dari SD Sta Ursula mencuri perhatian penonton dan juri karena tampil tanpa menggunakan teks.

“Luar biasa, tidak ada jeda sedikitpun, pidatonya mengalir dan intonasi dan penekanannya juga bagus. Dia pantas juara untuk tingkat SD,” sebut salah satu guru pendamping yang enggan ditulis namanya. (lexi)