Retas Isolasi ,TMMD di Ende Buka Jalan Tenda-Pemo

by -109 views

Ende, mediantt.com – Untuk membuka isolasi masyarakat di daerah terpencil dan tertinggal, maka dalam rangka Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-100, TNI di kabupaten Ende akan melakukan Bakti Sosial membuka jalan dari Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, menuju Desa Tenda,Kecamatan Wolojita. Pembukaan jalan tersebut direncanakan sepanjang 8 km dengan lebar 6 meter.

Komandan Kodim 1602 Ende Letkol (Kav) Suteja menyatakan hal ini saat menggelar jumpa pers, Jumad (8/9) di Makodim Ende.

Dandim Suteja yang didampingi jajaran Pasi Kodim Ende mengatakan, TNI Manunggal Membangun Desa adalah operasi bakhti TNI yang dilaksanakan terpadu dan lintas sektoral bersama kementrian, pemerintah daerah dan masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan di daerah.

“Untuk itu kita di Ende memilih membuka kegiatan fisik dengan meretas isolasi dua desa yakni membuka jalan dari Desa Pemo menuju Desa Tenda, sepanjang 8 kilometer, yang akan mulai dilaksanakan dari tanggal 26 Septemberhingga 25 Oktober 2017,” kata Suteja.

Dia menyebutkan, alasan pemilihan pembukaan jalan tersebut karena kedua desa itu terisolir, terpencil namun punya hasil komoditas pertanian dan perkebunan. “Sangat disayangkan kedua desa itu tidak memiliki akses transportasi khususnya jalan raya.Karena itu dalam TMMD ini kita berencana membuka isolasi antara dua desa tersebut dengan membuka jalan,” katanya.

Selain program fisik, sebut Suteja, juga dilaksanakan program non fisik berupa sosialisasi tentang Bela Negara, kelestarian lingkungan, kesehatan maupun pertanian dan peternakan serta Pam Swakarsa.

Menurut Suteja, TMMD ke 100 akan melibatkan Satgas sebanyak 150 personil, ditambah dengan tim asisten penyuluh dan tentu saja bersama masyarakat setempat.

“Kita akan tidur di rumah-rumah penduduk. Mudah-mudahan apa yang menjadi rencana kita membuka isolasi berjalan baik.Dan semoga dengan TMMD ke-100 kedua desa bisa kita retas transportasi biar menjadi lancar sehingga bisa memasarkan komoditi warga masyarakat,” kata Letkol Suteja. (lexi)

Ket Foto : Dandim Ende dan jajarannya pose bersama para wartawan yang sehari-hari bertugas di Ende.