20 Perserikatan Pastikan Ikut Eltari di Ende

by -102 views

Kupang, mediantt.com – Sebanyak 20 klub perserikatan memastikan akan mengikuti Kompetisi Eltari Memorial Cup Liga 3 di Kabupaten Ende, pada Juli 2017. Dua perserikatan yang abesen yakni Persarai Sabu Raijua dan PSKN Kefamenanu. Hasil ini diketahui melalui Workshop PSSI yang berlangsung di Aula Nembrala Hotel Pelangi Kupang, Sabtu (27/5).

Sementara itu baru 6 kabupaten yang akan mengikuti Kompetisi U-17 (Suratin Cup) 2017 di Waikabubak, yakni empat kabupaten di Pulau Sumba ditambah Persefitm Flores Timur dan Persemal Malaka. Kabupaten lain masih diberikan waktu satu minggu sampai Jumat (2/6) untuk mendaftar keikutsertaan pada Asprov NTT.

Workshop satu hari ini dipimpin Sekretaris Umum Asprov PSSI NTT Lambertus Ara Tukan, membicarakan beberapa agenda seperti Organisasi, Liga 3, Suratin, Wasit, dan Kongres. Hadir juga beberapa pengurus Asprov NTT seperti Jhony Lumba, Elias Ola, dan Stefanus Bria. Utusan pengurus dari 20 Askab Kabupaten/Kota se-NTT hadir.

Dibahas pula Regulasi Regulasi Liga 3 dan U-17 yang telah ditetapkan oleh PSSI. Dua regulasi ini diterima oleh peserta Workshop, namun ada perubahan pada beberapa pasal yang disesuaikan dengan kondisi persepakbolaan di NTT.

Tentang jumlah pemain senior sebanyak 5 orang, ada perbedaan cara pandang antara para peserta. Utusan Ende mengusulkan jumlah senior yang mendaftar 7 orang dengan hanya 5 orang yang boleh bermain. Namun pendapat ini tidak diterima sebagian besar peserta.

Utusan Sikka menantang usulan itu dengan menganjurkan mendaftar 5 pemian senior tapi hanya 3 yang bermain. Kota Kupang, Belu dan Negekeo mendukung usulan Sikka. Namun setelah melalui berbagai pertimbangan akhirnya disepakati senior yang mendaftar 5 orang dan boleh bermain 5 orang.

Mutasi pemain dari satu klub ke klub lain juga menjadi pembahasan krusial. Sesuai regulasi, pemain yang membela perserikatan boleh pemain dari mana saja, kecuali dari Liga 2 dan Liga 1. Setiap pemain baru pada perserikatan harus memenuhi persyaratan adminisrasi yang ketat.

“Pemain baru harus mengajukan surat pengunduran diri dari klub asal dan surat tembusannya disampaikan kepada Asprov NTT. Klub tidak berhak menahan pemain yang ingin pindah ke klub lain. Jika sudah mendapat surat persetujuan pengunduran diri, pemain yang bersangkutan harus mengajukan surat permohonan kepada klub yang baru, dan mendapat persetujuan dari klub yang bersangkutan,” jelas Lambertus Ara Tukan.

Saat ini Asprov NTT telah menutup pendaftaran tahap pertama pemain peserta Eltari Liga 3. Pendaftaran tahap kedua yang sifatnya final ditetapkan pada 22 Juni 2017. Hanya pemain yang sudah ditetapkan dengan telah memenuhi segala persyaratan yang boleh bertanding di Eltari Liga 3.

Untuk Eltari Liga 3, tuan rumah telah menyiapkan dua lapangan pertandingan yaitu Stadion Marilongan dan Lapangan Syuradikara. Setiap hari akan dilakukan tiga pertandingan. Dua pertandingan di Stadion Marilonga dan satu pertandingan di Syuradikara. Pertandingan kedua di Marilonga akan berlangsung pada malam hari.

Sekretaris Askab Ende Ayub menginfirmasikan bahwa persiapan lapangan pertandingan sudah mencapai 90 persen. Ia meyakini sampai dengan pelaksanaan kompetisi, lapangan pertandingan sudah sangat layak untuk dimanfaatkan. Khusus untuk Stadion Marilonga, awal bulan Juli sudah bisa digunakan untuk latihan. (vicky da gomez)

Ket Foto: Para peserta Workshop PSSI, pose bersama Sekretaris Umum Asprov PSSI NTT Lambertus Ara Tukan, di Hotel Pelangi, Kupang, Sabtu (27/5).