Ende dan Ngada Berpeluang Besar Rebut Tropi ETMC 2017

by -109 views

Maumere, mediantt.com – Kompetisi Liga 3 Eltari Memorial Cup (ETMC) Tahun 2017 di Ende tinggal satu minggu lagi. Delapan tim sudah memastikan ke babak delapan besar. Banyak prediksi menyebutkan Perse Ende dan PSN Ngada berpeluang besar merebut tropi bergengsi tersebut.

Pertemuan Ende dan Ngada di partai puncak, adalah partai yang paling ditunggu-tunggu masyarakat bola di NTT. Ini adalah revans atau partai ulangan ETMC 1999, yang waktu itu juga berlangsung di Stadion Marilonga. Kala itu, Ende berhasil menjadi pemenang dengan skor 2-1. Gol penentu kemenangan lahir dari kaki Yoseph Bebo, laki-laki keturunan Ngada yang berdomisili di Ende.

Apabila dua tim ini bertemu di partai puncak, diyakini bentrok setelah 18 tahun itu, akan berlangsung seru, ketat, dramatis, dan penuh emosional. Ende pasti akan berupaya mengulangi sejarah 18 tahun lalu. Sementara Ngada tentu berjuang melampiaskan balas dendam, sekaligus menampik mitos tidak pernah juara di Flores. Pertemuan terakhir kedua tim ini terjadi pada ETMC 2015 di Gelora Samador da Cunha Maumere. Kala itu, Laskar Kelimutu berhasil menang dengan gol tunggal.

Kompetisi yang diikuti 19 tim kabupaten/kota se-NTT ini telah menyelesaikan babak penyisihan pada Kamis (3/8). Yang melenggang ke babak delapan besar, yaitu Perse Ende dan Persab Belu (Grup 1), Persemal Malaka dan Persesba Sumba Barat (Grup 2), Perseftim Flores Timur dan Persebata Lembata (Grup 3), serta PSN Ngada dan PS Kota Kupang (Grup 4).

Babak delapan besar baru akan dimulai pada Sabtu (5/8) di Stadion Marilonga. Setiap hari akan dilaksanakan dua pertandingan pada pukul 15.00 Wita dan pukul 19.00 Wita. Panitia Penyelenggara menjual tiket untuk tribune umum dan VIP dengan kapasitas 6.000 penonton.

Hingga sekarang belum diketahui berapa harga tiket, apakah masih sama seperti babak penyisihan ataukah diberlakukan harga yang baru.

Dari hasil drawing, tuan rumah Ende dan juara tujuh kali Ngada berada pada lajur yang lebih nyaman. Ende akan berhadapan dengan Sumba Barat, Sabtu (5/8), sementara Ngada ditantang Lembata pada Minggu (6/8). Diperkirakan Ende dan Ngada akan mudah mengatasi lawan-lawannya untuk melangkah ke babak semifinal.

Di babak semifinal, Ende dan Ngada akan bentrok dengan lawan-lawan yang tangguh. Ende berhadapan dengan pemenang antara Flotim dan Kupang. Sementara Ngada berjumpa pemenang antara Malaka dan Belu. Babak semifinal menjadi krusial bagi dua tim ini. Jika lolos dari babak semifinal, hampir pasti Ende dan Ngada bertemu di partai puncak pada Rabu (9/8). (vicky da gomez)

Ket Foto: Kapten Persami Maumere Estrado Isaci Selestiano Rodriquez bersama rekannya Philips Jiko Dato menyerahkan tropi ETMC kepada Gubernur NTT Frans Leburaya saat pembukaan ETMC, Santu (22/7) lalu.