Start Dari Dili, Tour de Timor Lintasi Empat Etape

by -142 views

Kupang, mediantt.com – Lomba balap sepeda lintas Pulau Timor atau “Tour de Timor” bakal digelar pada 5 November 2016 dengan titik start dari Dili, ibukota Timor Leste, dan finish di Kota Kupang, dengan melintasi empat etape.

“Tour de Timor 2016 ini peserta memulai start dari Dili dan finis di Kota Kupang dengan melintasi empat etape, yakni Dili-Atambua, Atambua-Kefa, Kefa-Soe, dan Soe-Kota Kupang,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, Marius Ardu Jelamu saat menggelar Konferensi Pers di Kupang, Senin (5/9).

Ia mengatakan, ajang balap sepeda lintas Pulau Timor tersebut melibatkan pebalap dari Indonesia dan Timor Leste. Dari Indonesia, pebalap berasal dari Jakarta, Surabaya, Denpasar, Kupang dan kabupaten lainnya di daratan Timor, termasuk dari luar negeri.

Untuk kelancaran kegiatan itu rapat persiapan Tour de Timor Indonesia telah digelar bersama EO dari Jakarta. Sesuai rencana, meeting berikutnya mulai digelar di Dili.

Menurut dia, pada turnamen Tour de Timor ini, para pembalap akan melewati empat etape. Etape pertama, Dili (Timor Leste)-Belu, kemudian Belu-TTU, lanjut lagi TTU-TTS, dan etape terakhir TTS-Kota Kupang.

Ia juga menjelaskan, Tour de Timor berbeda dengan Tour de Flores, namun memiliki mutu yg sama karena mulai ditulis dalam kalender Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI). “Tour de Flores melibatkan pebalap sepeda internasional, tapi tour de Timor Indonesia melibatkan fun biker dari Indonesia dan Timor Leste,” ujarnya.

Menurut dia, ajang ini bertujuan memperkenalkan berbagai potensi destinasi wisata sekaligus membentuk citra NTT sebagai destinasi yang aman dan layak dikunjungi. Selain itu, lanjut dia, juga mulai mempererat kembali hubungan persaudaraan antara warga di Timor Barat dan Timor Timur sekalipun sudah dipisahkan secara politik tapi satu secara budaya.

Sementara itu, Kepala Bidang Promosi, Eden Klakik, mengatakan, sampai saat ini sudah ada peserta yang mendaftarkan diri. Dari Malaysia, sebut dia, 24 dokter jantung dipastikan mengikuti ajang Tour de Timor, yang dijadwalkan 5 November 2016, dengan titik start dari Dili, Timor Leste.

Ia juga menuturkan, untuk membahas Tour de Timor ini, pada 7 September 2016, Menteri Pariwisata Timor Leste bersama sekitar 100 orang akan datang ke NTT. “Sudah ada pemberitahuan dari Konsulado Timor Leste di Kupang bahwa Pak Menteri Pariwisata Timor Leste bersama rombongan akan ke Kupang pada 7 September membahas Tour de Timor,” kata Eden Klakik. (jdz)

Foto : Ilustrasi