Belum Semua Kabupaten Sadari Pentingnya Putri Pariwisata dan Duta Wisata

by -23 views

Kupang, mediantt.com – Terhitung mulai besok, Selasa (6/9), Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT menggelar pemilihan Putri Pariwisata dan Duta Wisata NTT. Meski even ini penting sebagai branding pariwisata, namun tidak semua kabupaten menyadari pentingnya even ini.

“Dalam evaluasi kita, belum semua kabupaten/kota di NTT menyadari kalau pemilihan putrid pariwisata dan duta wisata ini penting. Padahal, ini penting sekali untuk mempromosikan pariwisata, sekaligus branding bagi setiap daerah,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Eknomi Kreatif NTT, Marius Jelamu dalam jumpa pers di kantornya, Senin (5/9).

Meski demikian, lanjut dia, Dinas Pariwisata NTT tetap menggelar pemilihan Putri Pariwisata NTT dan Duta Wisata NTT, yang sedianya digelar mulai 6-8 September 2016. “Audisi akan dilakukan di Dinas Pariwisata selama dua hari, sementara malam finalnya akan digelar di Lipo Plaza tanggal 8 September,” kata Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Valens Balu, yang mendampingi Marius Jelamu saat memberikan keterangan pers.

Marius menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk semakin mempekenalkan seluruh potensi pariwisata NTT dengan menemukan putri pariwisata dan duta pariwisata yang memiliki kemampuan cukup untuk ikut mempromosikan pariwisata NTT.

Menurut dia, putri pariwisata akan diikuti perorangan, sedangkan duta wisata itu pesertanya berpasangan laki-laki dan perempuan.

“Kita selenggarakan lomba ini untuk memilih putra-putri terbaik kita yang memiliki kemampuan untuk mempromosikan semua destinasi pariwisata di NTT. Kita berharap mereka yang mengikuti lomba ini haruslah peserta yang memiliki kemampuan dan pengetahuan yang luas dan menguasai sejumlah bahasa asing,” kata Marius.

Ia juga mengatakan, meski sebagian besar kabupaten/kota belum menyadari pentingnya pemilihan putrid pariwisata dan duta wisata, namun beberapa kabupaten seperti Kota Kupang, Alor, Sumba Barat Daya, dll, sehingga yang juara diikutkan ke tingkat provinsi. “Juara Putri pariwisata NTT dan Duta Wisata tingkat Provinsi NTT akan ikut dalam pemilihan di tingkat nasional. Untuk Putri Pariwisata akan digelar di Jakarta, sedangkan Duta Wisata tingkat nasional dilakukan di Papua pada bulan Oktober nanti,” sebut Valens Balu.

Ia menambahkan, peserta yang mendaftar hingga Senin (5/9) adalah 40 orang. “Pada hari pertama kita mula dengan registrasi peserta lomba dianjutkan dengan pembelakan materi lomba di hari kedua. Tim juri adalah mereka yang kompeten di bidangnya, baik dari Jakarta maupun di Kupang,” ujar Valens. (jdz)

Foto: Kadis Parekraf NTT, Marius Ardu Jelamu didampingi Kabid Ekonomi Kreatif, Valens Balu dan Kabid Promosi Eden Klakik, saat jumpa pers di kantor Dinas Parekraf NTT, Senin, (5/9).