Keluarga Tukan Gelar Pengobatan Gratis di Lamalera

by -53 views

Lamalera, mediantt.com – Setelah lama mengabdi dan sukses meniti karir di luar Lamalera, keluarga besar Yosef Emi Tukan, menyatakan kecintaan terhadap kampung halamannya, dengan menggelar pengobatan gratis kepada seluruh masyarakat di desa penangkapan Ikan Paus secara tradisional itu. Pengobatan gratis itu diberikan oleh kakak-beradik, Dr Juanita Tukan dan Dr Mario Fransisco Widy Tukan, anak dari Bapak Yos Emi Tukan dan ibu Lidwina Sukarni Tukan, di Lamalera A pada Jumat (1/5/2015) yang dikonsentrasikan di Neme Lewotukan, dan di Lamalera B pada Sabtu (125/2015) di Neme Bataona.

“Ini merupakan wujud kecintaan kami terhadap kampung halaman, tanpa ada kepentingan apa-apa. Semua ini kami lakukan dengan ikhlas untuk Lefo Lamalera sebagai bentuk ungkapan syukur dan terima kasih kami atas anugerah dan rejeki yang diberikan kepada kami, terutama atas kesuksesan anak-anak dalam studi hingga menjadi dokter,” tutur Yos Tukan kepada mediantt.

Menurutnya, syukur dan terima kasih atas anugerah yang dialami keluarganya itu sepantasnya juga dibagikan kepada sesama warga Lamalera sehingga suyukur itu menjadi berkat bersama. “Selama ini kita hidup di luar Lamalera, tapi kecintaan terhadap kampung halaman tak pernah hilang, dan inilah saatnya kami datang untuk membantu sesama saudara kita dengan pengobatan gratis ini,” kata mantan anggota DPRD Kota Kupang dari Partai Golkar ini.

Ketua Ikatan Keluarga Besar Lamalera (Ikabela) Kupang, Ataburan Clemens Kedang, ketika memberi sapaan pembukaan mengatakan, pengobatan gratis ini dilandasi rasa cinta dan sumbangan nyata terhadap Levotana Lamalera. “Tidak ada kepentingan apa-apa, tapi ini semata bentuk kecintaan keluarga Bapak Yos Tukan untuk masyarakat Lamalera dan sekitarnya. Jangan kita melihat ada sesuatu dibalik pengobatan gratis ini. Ini murni wujud cinta kepada Lewotana Lamalera dan masyarakatnya,” ujar dosen Unika Kupang ini.

Menurutnya, masyarakat Lamalera dari semua kalangan sangat antusias mengikuti pengobatan gratis ini, dan yang tidak sempat datang langsung ke lokasi pengobatan gratis ini, akan dikunjungi oleh dokter ke rumah masing-masing. “Sore ini, akan ada datang lagi lima dokter dari Dinas Kesehatan Lembata untuk membantu pengobatan gratis bersama dr Ita Tukan dan Widy Tukan,” katanya.

Ia juga atas nama keluarga Yos Tukan menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Dinas Kesehatan kabupaten Lembata yang turut membantu tenaga medis, juga kepada Dinas Sosial yang membantu membawa semua logistik dari Lewoleba ke Lamalera. Syukur dan terima kasih juga kepada semua luluhur yang juga merestui kegiatan ini,” katanya.

Camat Wulandoni, Paul Sina, yang juga hadir menyaksikan pengobatan gratis itu, ketika dikonfirmasi mediantt.com, menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada keluarga besar Yos Tukan, terutama anaknya dr Ita Tukan dan Widy Tukan, yang telah membantu pemerintah Kecamatan Wulandoni, khususnya Desa Lamalera, untuk menaikan derajat kesehatan masyarakat. “Momennya sangat tepat dengan Tahun Baru Lamalera yang ditandai dengan pembukaan musim melaut (Lefa Nuang), dan hari buru. Tapi ini upaya nyata membantu pemerintah kecamatan Wulandoni untuk menaikkan derajat kesehatan masyarakat,” kata Paul. (jdz)

Foto : Dokter Ita dan Dr Widy sedang melayani satu per satu masyarakat Lamalera yang datang berobat secara gratis.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments