Ini Penyebab Kapal Cepat Ina Maria Terbakar

by -29 views

Larantuka, mediantt.com — Kapolres Flores Timur, AKBP Dewa Putu Gede mengatakan, penyebab kebakaran Kapal Ina Maria di sekitar Tanjung Gemuk, Pulau Adonara, Flores TImur, berasal dari bagian mesin kapal.

Menurutnya, setelah mengetahui bagian mesin terbakar kapten kapal mengarahkan kapal ke darat di sekitar Tanjung Gemuk, Adonara.

Kapolres menjelaskandari keterangan sementara di tempat kejadian, peristiwa naas itu terjadi hanya beberapa saat setelah KMP Ina Maria milik Keuskupan Larantuka itu bertolak dari dermaga Larantuka menuju Lewoleba, Lembata, Kamis ( 30/04/2015). Kapal cepat itu terbakar di perairan selepas Tanjung Gemuk, ujung barat Pulau Adonara dan Pulau Solor, tepatnya di depan perairan yang masuk Desa Sama Soge kecamaatan Wotan Ulu Mado.

Kapal cepat tersebut mengangkut 44 penumpang yang terdiri dari 36 penumpang (dua orang warga Australia) dewasa, 5 anak-anak dan 3 anak buah kapal. Juga mengangkut 5 unit sepeda motor. Saat diketahui ada terjadi kebakaran, kapten kapal, Vigis mengemudikan kapal ke hutan bakau di pinggir pantai terdekat di desa Samasoge pulau Adonara.

Para penumpang di dibawa ke Mapolres Flotim untuk didata dan dimintai keterangan dan diperbolehkan pulang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini hanya seorang biarawati yang mengalami cedera di kaki.

“Kalau saja kapal tidak secepatnya di arahkan ke darat, kemungkinan ada penumpang yang tidak bisa diselamatkan,” tambah Dion Mbani, salah seorang saksi mata di tempat kejadian.

Seperti dilansir, Kapal cepat Ina Maria dilaporkan terbakar di sekitar Tanjung Gemuk, Pulau Adonara, NTT.

Kapolres Dewa Putu Gede juga mengatakan, tidak ada korban dalam musibah terbakarnya Kapal Motor Penumpang Ina Maria saat berlayar dari Lembata menuju Larantuka itu.

“Tidak ada korban jiwa. Penumpang berjumlah 41 orang termasuk dua warga negara asing dan lima anak-anak, semuanya dalam keadaan selamat dan sudah dievakuasi,” kata Kapolres Dewa Putu Gede.

Kapolres mengatakan setelah mendapat laporan, dia langsung memimpin anggota bergerak menuju ke tempat kejadian, sehingga semua penumpang bisa dievakuasi dalam keadaan selamat.

“Saya bersama anggota sudah berada di tempat kejadian. Semua penumpang sudah dievakuasi,” kata Kapolres.

Kapolres menambahkan dari keterangan sementara di tempat kejadian, peristiwa naas itu terjadi hanya beberapa saat setelah KMP Ina Maria meninggalkan Pelabuhan Waiwerang di Pulau Adonara menuju Larantuka, Ibu Kota Kabupaten Flores Timur. (jdz)

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments