Taklukkan Madrid, Atletico di Atas Angin

by -15 views

MADRID — Atletico Madrid memetik kemenangan penting dalam perjalanan mereka di Piala Raja atau Copa Del Rey. Tim asuhan Diego Simeone ini memetik kemenangan 2-0 atas rival sekota Real Madrid pada leg pertama babak 16 besar Rabu (7/1) atau Kamis dini hari WIB, Stadion Vicente Calderon. Dua gol kemenangan tuan rumah dicetak Raul Garcia dari titik penalti serta Jose Gimenez.

Kemenangan ini membuat Atletico di atas angin. Pada pertemuan kedua di kandang Madrid nanti, “Los Rojiblancos” hanya butuh hasil imbang untuk melaju ke perempatfinal.

Pelatih Atletico, Diego Simeone, memutuskan untuk menurunkan pemain yang baru didatangkan dari AC Milan, Fernando Torres, sebagai starter. Dia tampil sebagai striker tunggal dalam formasi 4-2-3-1 dan ditopang Raul Garcia, Saul Niguez, Antoine Griezmann.

Sementara di kubu Real Madrid, Cristiano Ronaldo hanya duduk di bangku cadangan. Mengusung formasi 4-3-3, pelatih Carlo Ancelotti memercayakan Gareth Bale, Karim Benzema, dan James Rodriguez sebagai trio di lini depan.

Real Madrid sebenarnya mampu mencetak gol pada menit ke-13. Umpan dari James Rodriguez disundul Gareth Bale dan melesak ke gawang tuan rumah yang dijaga Jan Oblak. Namun wasit menganulir gol ini karena Bale berada dalam posisi offside. Padahal pemain asal Wales ini sudah merayakan gol.

Atletico juga sempat mendapat peluang melalui Antoine Griezmann dan Raul Garcia tetapi tak mampu menjebol gawang Real Madrid. Hal yang menjadi catatan dari babak pertama adalah kehebatan kiper di kedua kubu. Baik kiper Atletico, Jan Oblak maupun Keylor Navas di kubu Real Madrid, sama-sama menunjukkan performa gemilang dengan menggagalkan beberapa peluang yang didapat lawan.

Kebuntuan baru berakhir pada babak kedua tepatnya pada menit ke-58 berkat gol Raul Garcia dari titik penalti. Wasit memberi hadiah tendangan darititik putih menyusul dijatuhkannya Garcia oleh Sergio Ramos. Bek tengah Real Madrid itu juga diganjar kartu kuning.

Tendangan Garcia sebenarnya bisa dibaca oleh kiper Keylor Navas. Namun kiper asal Cile itu tak mampu menjangkau bola yang melesak di pojok kanan bawah. Tak lama setelah gol ini, Diego Simeone menarik Torres dan menggantikannya dengan Koke.

Di kubu Real Madrid, Ancelotti akhirnya menurunkan Ronaldo pada menit ke-63. Kandidat peraih Ballon d’Or 2014 ini masuk menggantikan James Rodriguez.

Atletico akhirnya mampu menambah keunggulan lewat aksi Jose Gimenez pada menit ke-76. Menyusul sepak pojok, bek kiri ini melompat menyambut bola dan melancarkan sundulan fantastis yang tak bisa diantisipasi Navas.

Tak lama setelah gol itu, bek Real Madrid Alvaro Arbeloa melakukan pelanggaran keras terhadap Gabi. Namun dia beruntung karena wasit tak melihat kejadian itu. Seharusnya bek kanan itu diganjar kartu merah.

Madrid terus berupaya untuk bisa mencetak gol tandang yang isa menjadi bekal penting untuk laga kedua pekan depan. Namun hingga laga berakhir, Ronaldo dan kawan-kawan tak bisa membobol gawang tuan rumah.

Susunan Pemain

Atletico Madrid (4-2-3-1):13. Jan Oblak; 28. Lucas Hernandez, 18. Jesus Gamez, 2. Diego Godin, 24. Jose Maria Gimenez; 14. Gabi, 4. Mario Suarez; 8. Raul Garcia, 17. Saul Niguez (10. Arda Turan 68), 7. Antoine Griezmann (9. Mario Mandzukic 75); 19. Fernando Torres (6. Koke 59).

Pelatih: Diego Simeone.

Real Madrid (4-3-3): 13. Keylor Navas; 17. Alvaro Arbeloa (15. Dani Carvajal 83), 2. Raphael Varane, 4. Sergio Ramos, 12. Marcelo; 6. Sami Khedira, 8. Toni Kroos, 23. Isco; 11. Gareth Bale, 9. Karim Benzema (20. Jese 75), 10. James Rodriguez (7. Cristiano Ronaldo 63)

Pelatih: Carlo Ancelotti.

Sumber: goal.com

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments