Paus Tetapkan RD Roni Jadi Uskup Agung KAK, Mgr Turang Jadi Administrator Apostolik

by -654 views

KUPANG, mediantt.com – Pemimpin Gereja Katolik sedunia Paus Fransiskus mengangkat Romo Diosesan Drs Hironimus Pakaenoni, PR, L.Th, sebagai Uskup Keuskupan Agung Kupang. menggantikan Mgr Petrus Turang, yang sudah memasuki masa purna tugas dan resmi berstatus Emeritus.

Pengumuman ini disampaikan Mgr Petis Turang dalam misa kudus Pra Paskah IV, di Geraja Sta Maria Assumpta Kota Baru Kupang, Sabtu (9/3). Pengumuman tepat pukul 19.00 Wita.

Pengumuman Pastor Hironimus, dosen Fakultas Filsafat Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, sebagai Uskup Agung Kupang diumumkam Takhta Suci pada pukul 12.00 waktu Vatikan.

Penetapan ini berdasarkan Surat yang dikeluarkan Apostolic Nuciature In Indonesia, Nomor 4217/2024, yang ditandatangani oleh Archibishop Piero Pioppo selaku Apostolik Nuncoo, tertanggal 9 Maret 2024.

Mgr Petrus Turang menjelaskan, kabar istimewa penetapan Uskup Agung Kupang yang baru, pihaknya juga menerima Dekrit Tertulis bahwa selama masa Sede Vacante atau Tahta Kosong sejak adanya Uskup baru, dia ditunjuk sebagai Administrator Apostolik.

“Saya juga menerima Dekrit Tertulis dari Vatikan bahwa Mgr Peterus Turang ditunjuk sebagai Administrator Apostolik, yang bertugas meminpin atas nama Paus sampai uskup baru mengambil kuasa kegembalaan secara kanonik setelah ditahbiskan menjadi Uskup Agung Kupang,” kata Mgr Petrus Turang.

Dia juga mengajak seluruh umat, juga para imam dan biarawan-wati, untuk membangun kerjasama dengan Uskup baru agar iman umat tetap mekar berkembang dalam persaudaraan dan persahabatan bagi semua orang di wilayah Keuskupan Agung Kupang.

Dia juga menambahkan, Mgr Roni akan ditahbiskan pada 9 Mei 2024. (jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *