Pimpin Apel Terpadu, Bupati Lembata Bacakan Amanat Presiden Jokowi

by -325 views

Bupati Lembata Matheos Tan tanda tangan Naskah Pemilu Damai.

LEWOLEBA, mediantt.com – Presiden Joko Widodo, mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air.

Ajakan ini disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam amanatnya yang dibacakan oleh Penjabat Bupati Lembata, Drs. Matheos Tan, M.M, saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Apel Terpadu di halaman Kantor Bupati Lembata, Selasa (19/12).

Presiden Jokowi mengatakan, rakyat Indonesia harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama, menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu.

Presiden menekankan bahwa semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat.

“Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Presiden Jokowi.

Mengakhiri amanatnya, Presiden Joko Widodo kembali mengajak semua komponen bangsa untuk bersatu. Presiden menyerukan di Hari Bela Negara ke-75, semua rakyat Indonesia terus kobarkan semangat Bela Negara.

“Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju,” kata Presiden Joko Widodo.

Apel terpadu kali ini, selain memperingati Hari Bela Negara ke-75, juga memperingati HUT Provinsi NTT ke-65 dan Apel Kesadaran bulan Desember.

Semua ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Lembata terlihat hadir dan mengikuti Apel Terpadu dengan penuh hikmat.

Di momen apel ini, semua peserta membacakan Ikrar Bela Negara dan seluruh ASN mengucapkan Ikrar Netralitas Aparatur Sipil Negara.

Selain itu, dilakukan penandatangan Naskah Seruan Pemilu Damai oleh Penjabat Bupati Lembata, Drs. Matheos Tan, M.M, Ketua Bawaslu, KPU, Forkopimda, perwakilan Partai Politik, serta perwakilan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Juga, penandatangan Pakta Integritas terkait Netralitas Aparatur Sipil Negara juga dilakukan oleh perwakilan Pejabat Eselon II dan III.

Namun, di momen penting ini, tak satupun perwakilan Bawaslu, KPU dan anggota DPRD Lembata hadir dalam penandatanganan ini.

Hadir saat Apel, selain Pj Bupati Lembata, dan unsur Forkopimda, juga para Kepala OPD, Camat, perwakilan partai politik, para tokoh agama dan tokoh masyarakat serta aparat keamanan. (baoon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *