Ambil Spirit Perjuangan 7 Maret 1954, Pj Bupati Datangi Wai Lirang Hadakewa

by -163 views

HADAKEWA, mediantt.com – Paskalis Ola Tapo Bali kembali mendatangi lokasi Statemen 7 Maret 1954 di Wai Lirang, Desa Hadakewa, Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata, Jumat (31/5).

Kali ini dia datang sebagai Penjabat Bupati Lembata, memohon restu para leluhur tokoh perintis perjuangan otonomi daerah tahun 1954.

Dia juga sekaligus mengambil spirit perjuangan para tokoh Lembata yakni semangat ‘Taan Tou’ untuk dijadikan suluh kepemimpinan dalam menjalankan roda pemerintahan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Lembata.

Pantauan media, ketika tiba di lokasi Statemen 7 Maret 1954, Wai Lirang, Desa Hadakewa, Pj Bupati, Paskalis Ola Tapo Bali dan Pj Ketua TP PKK, Maria Anastasia Bara Baje, dijemput dengan seremonial adat oleh tokoh adat setempat dan pagar betis dari keluarga pencetus statemen 7 Maret 1954.

Sapaan adat, minum tuak dan isap tembako mewarnai rangkaian acara pembukaan. Setelah itu, Pj Bupati bersama Pj Ketua TP PKK bakar lilin di tugu prasasti.

Di momen ini, tokoh adat memandu amet prat untuk para leluhur, tokoh pejuang kemerdekaan otonomi daerah. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sapaan singkat dari Pj Bupati Tapo Bali.

Dari lokasi Statemen 7 Maret 1954, Wai Lirang, Pj Bupati bersama Ny. Maria Anastasia Bara Baje diarak ke lokasi wisata Pantai Desa Hadakewa untuk rileks sebentar sebelum kembali ke kota Lewoleba. (baoon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *