Geradi Tukan Sang Inspirator, Merintis Impian Bersama Generasi Muda Lembata

by -106 views

Geradi TukanĀ 

LEWOLEBA, mediantt.com – Dalam momen penting peringatan HUT ke-24 Kabupaten Lembata, Geradi Tukan, seorang tokoh berpengaruh di bidang kimia dan seni budaya di wilayah tersebut, melangkah maju dalam spirit Ta’an Tou.

Ia mengambil semangat api perjuangan otonomi Lembata di tahun 1954-1999, untuk berjuang mencerdaskan kehidupan generasi muda.

Dengan semangat itu, ia mengemban misi mulia di pulau Lomblen dengan memberikan inspirasi dan motivasi kepada siswa-siswi SMA kelas 3 agar tetap fokus pada tujuannya.

Sebagai seorang yang ingin melihat generasi muda Lembata maju dan berbudaya, Geradi Tukan terus berupaya menyadarkan para siswa akan pentingnya pendidikan.

Karena itu, Selasa 10 Oktober 2023, ia telah mengunjungi tiga sekolah di tiga kecamatan berbeda, yakni Kecamatan Lebatukan, Ile Ape dan Ile Ape Timur.

Geradi Tukan, yang oleh publik Lembata dikenal sebagai pegiat seni budaya yang penuh dedikasi, dalam setiap momen kunjungan menitik beratkan pada pendidikan yang berkelanjutan.

Ia juga berbicara tentang pentingnya persiapan diri yang baik, perencanaan matang, dan orientasi yang benar untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi.

Disini, ia mau menggarisbawahi pentingnya menghargai perjuangan orang tua, memulai langkah mandiri, dan aktif berpartisipasi dalam Program Kreativitas Mahasiswa.

Selama perjalanan inspirasionalnya, Geradi Tukan telah mengunjungi delapan SMA, termasuk SMAN 1 Lebatukan, SMAN 1 Ile Ape, dan SMAN 1 Ile Ape Timur.

Selain menjadi tokoh seni dan budaya, Geradi Tukan juga adalah seorang dosen Kimia di jurusan Kimia Murni Fakultas Sains dan Teknologi UNIKA Widya Mandira Kupang.

Karena itu, dia berkeliling pulau Lembata untuk bertemu calon mahasiswa dan mengajak mereka, terutama jurusan IPA, sambil memberi semangat bahwa ilmu IPA, khusus kimia, adalah ilmu yang menarik dan sangat dibutuhkan dalam dunia industri.

Ia mengingatkan para siswa untuk tidak meninggalkan ilmu yang telah dipelajari di SMA, karena ilmu ini menjadi landasan penting dalam dunia industri modern yang saat ini begitu dibutuhkan.

Inisiatif luar biasa dari seorang Geradi Tukan ini, telah menginspirasi seluruh Lembata dan menciptakan semangat baru yang disebutnya sebagai “Lembata Helero.”

Baginya, ini bukan hanya perayaan HUT kabupaten yang penting, tetapi juga usaha konkret untuk membantu generasi muda Lembata meraih impian mereka.

Geradi Tukan telah membuktikan bahwa ilmu pengetahuan, seni dan budaya memiliki kekuatan untuk menginspirasi generasi mendatang, mendorong mereka untuk menciptakan masa depan yang cerah dan berarti.

Tindakan luar biasa ini mencerminkan komitmen mendalam untuk memajukan ilmu pengetahuan dan budaya di Kabupaten Lembata.

Semoga Geradi Tukan terus menginspirasi dan membawa perubahan positif bagi generasi muda Lembata dan komunitas seni dan budaya di seluruh NTT. (baoon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *