Dari Webinar Panduan Isoma, Golkar NTT Diminta Buat Buku Saku Covid-19

by -174 views

Para Narasumber Webinar

KUPANG, mediantt.com – Senin (26/7) malam, Partai Golkar NTT menggelar webinar bertajuk “Panduan Isolasi Mandiri”. Webinar ini diikuti masyarakat luas dan keluarga besar Golkar se-NTT. Dari webinar yang menghadirkan tiga narasumber ini, Golkar diharapkan membuat buku saku Covid-19 untuk menjadi panduan bagi pasien yang melakukan isoma di rumah.

Narasumber webinar ini ada tiga orang dokter yaitu dr. Loli J. Simanjuntak, Sp.PD, MARS yang merupakan Direktur Medik dan Keperawatan RSU Pusat Fatmawati Jakarta; Dr. drg. Domi Minggu Mere, M.Kes, staf ahli penanganan covid-19 Provinsi NTT yang juga mantan Kepala Dinas Kesehatan NTT; dan dr. Maria V. Ivony D. Ray, M.Kes, Kepala Puskesmas Sikumana, Kota Kupang.

Menariknya, Webinar ini juga dihadiri beberapa penyintas Covid-19 dan juga beberapa pasien aktif Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri dan juga perawatan di rumah sakit.

Ketiga narasumber secara bergantian mengulas secara detail tentang Covid-19 dan penanganannya, dimulai dari gejala, langkah-langkah yang harus dilakukan ketika terkonfirmasi positif, syarat seseorang harus diisolasi mandiri atau harus dirawat tenaga medis di rumah sakit. Juga, alat yang diperlukan saat isolasi mandiri, obat-obatan yang dibutuhkan, kegiatan harian yang harus dilakukan selama menjalani masa isolasi mandiri, dan seterusnya.

Merespon pertanyaan peserta webinar terkait hoax covid-19, Domi Mere mengingatkan dan mengimbau seluruh masyarakat agar di masa pandemi ini harus selektif menerima setiap informasi. “Setiap informasi yang diterima diupayakan untuk dikonfirmasi kebenarannya,” tandas Dr. drg. Domi Minggu Mere.

Sedangkan, dr. Maria V. Ivony D. Ray, M.Kes secara tegas mengatakan, “Bapak/Ibu, dalam menjalan panggilan kemanusiaan ini terkadang kami (para nakes) lupa bahwa kami harus tetap sehat. Kadang kami juga lupa bahwa keluarga kami harus tetap sehat. Kami sudah mengabdikan diri dengan sungguh karena itu kami minta dengan rendah hati kepada masyarakat yang menerima informasi tolong dipertimbangkan secara baik, dipikirkan secara logis, dan yang terpenting harus dapat terkonfirmasi secara ilmiah”.

Sementara itu, salah satu perserta webinar yang tengah menjalani isolasi mandiri dalam tanggapannya meminta agar Golkar NTT dapat membantu meramu semua materi webinar ini dalam bentuk buku saku, sehingga dapat menjadi pedoman atau panduan yang mudah dipelajari oleh pasien ketika melakukan isolasi di rumah.

Permintaan ini direspon positif oleh ketiga narasumber dan juga disanggupi oleh Ketua Golkar NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena.

Kegiatan ini berlangsung kurang lebih 2,5 jam dan dipandu oleh Restu H. Dupe sebagai host dan Debi Angkasa sebagai moderator. (*/jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments