Pantau Vaksinasi Bagi Lansia di Oesapa, Pasir Panjang dan Merdeka

by -269 views

KOTA KUPANG – Pemerintah Kota Kupang mulai menggelar vaksinasi Covid-19 Tahap 2 termin I bagi warga lanjut usia atau lansia mulai Senin (8/3). Alokasi distribusi vaksin Covid-19 tahap 2 termin 1 dilakukan pada kelompok lansia dan pelayan publik.

Target vaksin tahap kedua untuk Kota Kupang dengan sasaran lansia berjumlah 10.139 orang dan pelayan publik berjumlah 937 orang. Pelaksanaan vaksin dilakukan pada 11 Puskesmas dan Rumah Sakit di Kota Kupang serta beberapa tempat pelayanan publik yang telah ditetapkan, misalnya kantor lurah.

Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man, pada Senin (8/3) memantau tiga tempat pelaksanaan vaksinasi, yakni Puskemas Oesapa, Puskesmas Pasir Panjang dan Kantor Lurah Merdeka.

Turut hadir mendampingi Wakil Wali Kota Kupang, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Kupang, Rudy Priyono, S.KM, M.Kes, para Camat dan Lurah serta Kepala Puskesmas.

Dari pantauan yang dilakukan, untuk Puskesmas Oesapa vaksinasi yang ditargetkan berjumlah 400-an orang dan yang telah melakukan vaksin sebanyak 200 orang (lansia dan pelayanan publik), dengan jadwal pelayanan hari Senin-Rabu dan hari Sabtu, mulai pukul 08.00-12.00 Wita.

Selanjutnya pantauan dilanjutkan ke Kantor Lurah Merdeka, dengan jumlah sasaran vaksinasi 560 orang lansia yang terdiri dari beberapa kelurahan antara lain, Kelurahan Merdeka, Bonipoi, LLBK, Kelurahan Solor dan Airmata. Jadwal pelayanan setiap hari selama 2 minggu, mulai pukul 09.00-15.00 Wita. Pada kantor Lurah Merdeka sementara ketersediaan stok vaksin berjumlah 250 vaksin.

Pemantauan berakhir di Puskesmas Pasir Panjang, di mana sasaran vaksinasi berjumlah 620 orang yang terdiri dari 400 orang lansia dan 220 orang pelayan publik. Stok vaksin sementara berjumlah 120 vial single dos dan 60 vial multi dos. Jadwal pelayanan vaksinasi berlangsung setiap hari selama 1 minggu mulai pukul 08.00-12.00 Wita.

Wakil Wali Kota Kupang saat diwawancara berjanji akan melakukan pemantauan ke 11 Puskesmas di Kota Kupang dan hari ini 3 puskesmas dan tempat layanan publik tersebut yang dikunjungi. Tujuan kunjungan Wawali adalah untuk memantau kegiatan vaksinasi bagi lansia dan pelayanan publik, memantau sasaran dan ketersediaan vaksinnya serta proses-proses untuk melakukan vaksin.

“Saya melihat proses vaksinasi pada ketiga puskesmas ini berjalan baik, yang meminta penundaan vaksin juga tidak banyak,” tegasnya.

Wawali juga memantau prosedur isolasi mandiri oleh puskesmas dengan koordinasi satgas covid 19 Kota Kupang, camat dan lurah yang diakuinya telah berjalan dengan baik dari sisi pendekatan dan penerapan protokol kesehatan.

“Memang tujuan kami untuk itu, kita semua berada di sini untuk pelayanan kepada masyarakat agar dapat terlayani dengan baik dan sesuai aturan, apalagi vaksin untuk lansia ini penting karena mereka yang memiliki risiko lebih tinggi,” kata Wawali. (chr/dev/et/st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *