Istana Kembali Agendakan Kunjungan Presiden Jokowi ke NTT Hari Selasa

by -1,038 views

Bendungan Napun Gete di Waiblama Sikka yang sueah rampung dan siap diresmikan Presiden Jokowi.

KUPANG – Setelah dua kali batal, Istana dikabarkan kembali mengagendakan kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Kabupaten Sikka dan Sumba Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (23/2).

Ini merupakan agenda ketiga kalinya kunjungan orang nomor satu Indonesia itu untuk meresmikan Bendungan Napun Gete di Waiblama Kabupaten Sikka dan memantau pelaksanaan Program Food Estate di Kabupaten Sumba Tengah.

Sebelumnya, dua kali rencana kunjungan kerja tersebut dibatalkan pihak istana, yakni pada Selasa 2 Februari 2021 dan Selasa 16 Februari 2021.

Rencana kunjungan kerja itu dibenarkan Pemprov NTT. Melalui Karo Humas Provinsi NTT, Ardu Jelamu Marius, pemerintah provinsi membenarkan agenda kunjungan tersebut. Namun, pihak pemerintah provinsi belum dapat memastikan detailnya karena masih berkoordinasi dengan pihak istana.

“Rencananya begitu, (kunjungan Presiden Jokowi) tanggal 23 ya,” ujar Ardu Jelamu Marius kepada pos-kupang.com, Minggu (21/2) pagi.

Ia berharap rencana kunjungan kerja itu terealisasi dan berjalan lancar. “Mudah mudahan berjalan lancar. Detailnya nanti kami akan sampaikan setelah koordinasi dengan istana. Tetapi rencana awalnya seperti itu,” kata dia.

Sepekan sebelumnya, Wagub NTT Josef Nae Soi mengatakan, kedatangan Presiden Jokowi kesekian di Provinsi NTT menunjukkan rasa cintanya yang luar biasa pada Indonesia, karena NTT merupakan bagian dari Indonesia yang harus diperhatikan.

“Bapak Presiden Jokowi sangat perhatian (terhadap NTT) karena ia sangat mencintai Indonesia. Dia melihat bahwa NTT, Maluku dan Papua cukup tertinggal dari barat (wilayah bagian barat Indonesia),” jelas Wagub Nae Soi.

Pemerintah bersama rakyat NTT, kata Wagub Nae Soi, memberi rasa hormat dan apresiasi yang tinggi kepada Presiden Jokowi atas perhatiannya untuk pemerataan pembangunan di wilayah Indonesia bagian Timur dan NTT secara khusus.

“Saya memberikan rasa hormat, atas nama pemerintah dan rakyat memberikan apresiasi luar biasa,” tambah dia.

Menurut Wagub Nae Soi, kecintaan rakyat NTT terhadap Presiden Jokowi juga sangat luar biasa. Pada Pemilu, mayoritas masyarakat NTT memilih Jokowi untuk periode keduanya.

“Mengapa rakyat NTT mencintai Jokowi? Ya, karena Jokowi telah lebih dulu mencintai NTT,” tegas Wagub Nae Soi.

Kunjungan kerja Presiden Jokowi untuk meresmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka seharusnya telah terlaksana pada Selasa 2 Februari atau Selasa 16 Februari 2021 lalu. Namun, rencana kunjungan kerja untuk meresmikan satu dari tujuh bendungan yang dibangun pemerintah pusat di NTT itu ditunda.

Sebelumnya, Jokowi telah meresmikan dua bendungan lainnya di NTT yakni bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang dan Rotiklot di Kabupaten Belu. Sementara itu empat bendungan lain yang masih dalam proses pembangunan terdiri dari Bendungan Temef, Manikin, Lambo dan Kolhua. (pkc/yan/jdz)

2 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments