Hari Selasa, Jokowi Resmikan Bendungan Napun Gete di Sikka

by -1,198 views

Bendungan Napun Gete di Sikka

PACITAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi), Minggu (14/2), telah meresmikan Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur. Selasa (16/2), Jokowi juga akan meresmikan sejumlah bendungan di berbagai daerah, termasuk di Sikka, NTT.

“Nanti Selasa ini kita akan resmikan lagi Bendungan Napun Gete di Sikka (NTT), Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, dan Bendungan Sindang Heula di Provinsi Banten,” kata Jokowi saat meresmikan Bendungan Tukul, di Pacitan, Jawa Timur, melalui siaran langsung di YouTube Setpres, Minggu (14/2/2021) seperti dilansir dari detikcom.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi dijadwalkan meresmikan Bendungan Napun Gete di Sikka pada Selasa (16/2/2021).

Jokowi mengatakan, ada 65 bendungan di seluruh Tanah Air yang dibangun sejak 6 tahun lalu. Beberapa di antaranya sudah difungsikan.

“Ada 65 bendungan di seluruh tanah air yang telah kita mulai bangun 6 tahun yang lalu dan beberapa sudah bisa diresmikan seperti Bendungan Raknamo di NTT, Bendungan Rotiklot di NTT, Bendungan Tanju di NTB, Bendungan Mila di NTB, Bendungan Tritip di Kalimantan Timur, Bendungan Gondang di Jawa Tengah, Bendungan Sei Gong di Kepri Kepulauan Riau, Bendungan Nipah di Jawa Timur dan pada hari ini Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur,” papar Jokowi.

Jokowi mengatakan, bendungan memiliki peran sangat penting bagi masyarakat. Bendungan, kata dia, berfungsi untuk pengendalian banjir hingga penyedia air baku untuk masyarakat.

“Bendungan sekali lagi memiliki peran sangat penting untuk pengendalian banjir, untuk mengairi sawah, air irigasi, dan juga penyediaan air baku,” kata dia.

Seperti diketahui, hari ini Jokowi meresmikan Bendungan Tukul di Pacitan. Jokowi berharap bendungan yang dibangun dengan anggaran Rp 916 miliar ini bisa bermanfaat bagi masyarakat di Pacitan.

“Saya harapkan dengan berfungsinya Bendungan Tukul di Pacitan ini akan menjadi infrastruktur yang penting memperkuat ketahanan pangan dan memperkuat ketahanan air. Saya minta agar pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten benar-benar bisa memanfaatkan infrastruktur ini sebaik-baiknya sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi daerah, memberikan keuntungan bagi masyarakat, meningkatkan produksi pertanian bagi daerah dan juga memudahkan penyediaan air bersih bagi daerah,” jelas Jokowi. (dtc/jk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *