Sah! Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam, AHY Jadi Menteri ATR/BPN

by -2,012 views

Presiden Jokowi rmelantik Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jadi Menteri ATR/BPN. (istimewa)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Pelantikan terhadap keduanya digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2).

Hadi Tjahjanto dan AHY dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 34/P Tahun 2024, tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara, Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Dengan mengenakan setelan jas hitam, dasi merah, dan peci hitam, Jokowi memimpin jalannya acara pelantikan. Jokowi meminta Hadi Tjahjanto dan AHY melakukan sumpah jabatan dengan mengikuti ucapannya.

“Bersediakan Saudara-saudara diambil sumpah menurut agama Islam?” tanya Jokowi.

“Bersedia,” ucap kompak Hadi dan AHY.

“Apabila bersedia harap mengikuti dan mengulangi kata-kata saya,” pinta Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Hadi dan AHY mengikuti sumpah yang dibacakan Jokowi.

Setelah itu, Hadi dan AHY menandatangani berita acara pelantikan. Pelantikan itu juga dihadiri sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju dan sejumlah kepala lembaga negara.

AHY Temui Prabowo Sebelum Dilantik

Sebelum resmi dilantik, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menemui calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto. Pertemuan antara AHY dengan Prabowo turut diunggah pada akun Instagram pribadi AHY, pada Rabu (21/2).

Dalam unggahan itu, AHY mengungkapkan bahwa dirinya mendapatkan amanah dari Presiden Jokowi. Sebab, beredar isu AHY akan dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Istana Negara, Jakarta, pada hari ini.

“Kemarin (20/2), saya mendapatkan amanah dari Bapak Presiden @jokowi,” kata AHY dalam unggahan pada akun Instagram.

AHY mengaku melaporkan amanah yang akan diembannya itu kepada Prabowo. Sebab, dirinya tergabung di dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Sebagai yunior, sekaligus anggota Koalisi Bapak @prabowo tentu saya perlu melaporkan amanah tersebut pada beliau. Kesolidan koalisi hanya dimungkinkan oleh komunikasi dan koordinasi yang intens dan sangat erat,” ucap AHY.

Putra sulung Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu pun mengaku mendapat dukungan moral dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Menurutnya, kedua tokoh itu menelepon dirinya untuk mendukung atas amanah yang diberikan Presiden Jokowi.

“Saya juga mendapatkan moral support dari Pak @airlanggahartarto_official dan Pak @zul.hasan melalui komunikasi telepon. Alhamdulillah, beliau-beliau bukan hanya senang tetapi juga sangat mendukung dengan amanah yang telah saya terima dari Bapak Presiden Joko Widodo,” ujar AHY.

“Terima kasih Pak Prabowo, Pak Airlangga dan Pak Zulkifli, semoga bapak-bapak sehat selalu,” imbuhnya. (jawapos.com/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *