Ile Lewotolok Siaga! Ada Semburan Lahar Panas dan Bunga Api

by -1,097 views

LEWOLEBA Hingga Minggu (29/2)11) malam, aktifitas Gunung Ile Lewotolok di Lembata masih tinggi dan berpotensi mengalami erupsi susulan dengan potensi bahaya berupa lontaran batu/lava pijar ke segala arah. Dan, malam ini ada semburan larva pijar disertai percikan bunga api di sekitar kawah disusul kepulan abu vulkanik dan pasir panas.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Ile Lewotolok, Stanislaus Arakian Minggu (29/11/2020) malam kepada wartawan menjelaskan, setelah enam kali erupsi, Gunung Ile Lewotolok mengalami peningkatan aktivitas dari Level II (Waspada) menjadi level III (Siaga).

Menurut dia, dalam tingkat siaga Level III ini masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan aktifitas dalam radius 4 kilometer dari pusat erupsi atau kawah gunung.

Masyarakat diminta untuk selalu gunakan masker penutup hidung dan mulut karena dapat mengakibatkan gangguan pernapasan akut (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya dari potensi abu vulkanik.

Dijelaskan, dari data kegempaan per hari ini terbaca masih tremor menerus dan terus berlanjut. Hal ini ditandai adanya muntahan lava pijar dan percikan bunga api di sepanjang lereng gunung.

Data seismograf erupsi yang terjadi hari ini sudah terjadi sebanyak enam kali, terhitung semenjak erupsi yang terjadi Minggu pagi.

“Sesuai dengan rekaman seismograf intensitas erupsi dimungkinkan masih terus berpotensi dalam batasan waktu yang belum bisa ditentukan,” katanya.

Akibat erupsi itu ribuan warga dari 26 Desa di kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur, mengungsi ke Lewoleba dan ditempatkan di enam titik. (che/jdz)

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments