Ile Lewotolok Meletus 4 Kali Disertai Gemuruh, Warga Diminta Waspada

by -915 views

Ile Lewotolok meletus mengeluarkan asal putih.

LEWOLEBA – Gunung Api Ile Lewotolok, di Kabupaten Lembata, NTT, masih terus erupsi. Hingga Minggu (17/10/2021) sore, tercatat empat kali letusan dengan tinggi kolom abu hingga 700 meter.

“Hari ini terhitung, terhitung dari 12.00-18.00 WITA, teramati 4 kali letusan dengan tinggi 500-700 meter dan warna asap putih dan kelabu,” kata Syawaludin, petugas Pos Pengamatan Gunung Api Ile Lewotolok, dalam keterangan tertulis Kompas.com, Minggu (17/10/2021) malam. “Letusan disertai gemuruh lemah,” lanjut Syawaludin.

Ia menambahkan, hingga kini, tingkat aktivitas gunung api Ile Lewotolok masih pada Level III (Siaga).

Syawaludin mengimbau kepada masyarakat di sekitar, pengunjung, pendaki dan wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak atau kawah Gunung Ile Lewotolok.

Masyarakat Desa Jontona juga diminta agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya longsoran material lapuk yang dapat disertai oleh awan panas dari bagian tenggara puncak atau kawah.

Warga juga diimbau menyiapkan masker penutup hidung dan mulut maupun perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit jika turun hujan abu.

Sebab, abu vulkanik dapat mengakibatkan gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya.

“Mengingat abu vulkanik hingga saat ini jatuh di beberapa sektor di sekeliling Gunung Ile Lewotolok maka masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Ile Lewotolok agar mewaspadai ancaman lahar terutama di saat musim hujan,” imbuhnya.

Kepada seluruh masyarakat maupun instansi terkait lainnya dapat memantau perkembangan status maupun rekomendasi gunung Ile Lewotolok setiap saat melalui aplikasi MAGMA Indonesia yang dapat diunduh di Google Play.

Sementara para pemangku kepentingan di sektor penerbangan dapat mengakses fitur VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation).

Seluruh pihak diimbau agar menjaga kondusivitas suasana di Pulau Lembata, tidak menyebarkan narasi bohong (hoaks) dan tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Ile Lewotolok yang tidak jelas sumbernya.

Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten juga diimbau agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos PGA Ili Lewotolok di Desa Laranwutun, Kecamatan Ile Ape atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung. (kpc/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *