PDI Perjuangan Buka Pintu Untuk Gabriel Suku Kotan

by -92 views

Kupang, mediantt.com – PDI Perjuangan memberikan sinyal politik yang baik kepada calon wakil bupati Lembata, Gabriel Suku Kotan. Meski pendaftaran calon di tingkat DPC PDIP Lembata sudah ditutup, namun DPD PDIP NTT masih membukaa kesempatan kepada politisi Partai Demokrat untuk mendaftar. Dan, Rabu (11/5) sekitar pukul 11.30. Wita, Desk Pilkada DPD PDIP NTT menerima pendaftaran Gabriel Suku Kotan sebagai calon wakil bupati Lembata periode 2017-2022.

Gabriel Kotan yang datang ke Kantor DPD PPDIP NTT di Jalan El Tari II, Liliba,Kota Kupang ini, ditemani anggota keluarganya, juga sejumlah wartawan, dan diterima langsung oleh Ketua Desk Pilkada DPD PDIP NTT, Niko Frans dan Sekretarisnya, Emanuel Kolfidus.

“Hari ini, kami menerima putra terbaik Lembata, Pak Gabriel Suku Kotan yang mau maju sebagai bakal calon wakil bupati Lembata, yang ingin menggunakan PDIP sebagai alat perjuangan menuju Pilkada Lembata tahun 2017,” kata Ketua Desk Pilkada PDIP NTT, Niko Frans ketika menerima berkas lamaran Gab Kotan, disaksikan Sekretaris Eman Kolfidus dan sejumlah wartawan.

Niko Frans menuturkan, masa pendaftaran calon di tingkat DPC PDIP Lembata sudah ditutup, maka ruang pendaftaran itu hanya bisa dilakukan di DPD dan DPP PDI Perjuangan. “Ini tidak ada kekhususan, tapi ruang pendaftaran itu hanya bisa dilakukan di DPD, makanya kami menerima Pak Gabriel Suku Kotan yang memilih PDIP sebagai alat perjuangan menuju Pilkada Lembata 2017,” tegas mantan anggota DPRD Kota Kupang ini.

Menurut dia, meski pendaftaran dilakukan di DPD, namun seluruh proses tetap mengacuh kepada aturan dan mekanisme di PDI Perjuangan. “Berkas lamaran ini akan kita proses sesuai mekanisme partai, dan secepatnya kita sampaikan ke DPP untuk bisa dilakukan fit and proper test,” ujar Niko, politisi senior PDIP NTT ini.

Sekretaris Desk Pilkada PDIP, Eman Kolfidus juga meminta bakal calon wakil bupati Lembata, Gab Suku Kotan, untuk segera melengkapi berkas yang dipersyaratkan PDIP untuk secepatnya diproses ke DPP. “Kami sarankan sebaiknya Pak Gab bisa membawa berkas lamaran itu langsung ke DPP, untuk bisa mendapatkan kepastian kapan dilakukan fit and proper test. Yang jelas, berkas lamaran ini segera kita proses,” tegas Eman, yang juga anggota DPRD NTT ini.

Sementara itu, Gabriel Suku Kotan menyampaikan terima kasih kepada Desk Pilkada PDIP NTT yang telah menerima berkas lamarannya sebagai calon wakil bupati Lembata. “Saya sangat merasa dihargai, karena berkas lamaran saya ini diterima langsung oleh Ketua Desk Pilkada dan Sekretaris. Ini adalah sinyal politik yang baik untuk bersama membangun Lembata,” kata anggota DPRD NTT ini.

Menurut Gab Kotan, PDIP telah melahirkan banyak pemimpin hebat di sejumlah pilkada, karena itu, ia berharap bisa lahir dari rahim PDIP untuk menjadi pemimpin Lembata melalui Pilkada tahun 2017 nanti. “Saya apresiasi terhadap PDIP yang telah menerima lamaran saya. Saya berharap, PDIP punya rahim yang melahirkan pemimpin Lembata, dan saya harap bisa dilahirkan dari rahim PDIP untuk memimpin Lembata bersama calon bupati yang diusung PDIP,” tegas politisi Partai Demokrat ini.

Bakal Calon Wakil Bupati Lembata, Gabriel Suku Kotan setelah menyerahkan dokumen pendaftaran menyampaikan terima kasih kepada PDI Perjuangan yang mengakomodasi pendaftarannya untuk maju pada pilkada Lembata 2017 mendatang. Memang sebelum daftar ini, sudah dikomunikasikan dengan DPC PDI Perjuangan Lembata. Karena tingkat DPC sudah ditutup, ruang yang bisa mendaftarkan diri ada di tingkat DPD.

Gag juga mengaku terus membangun komunikasi politik untuk membangun koalisi. “Komunikasi politik untuk membangun koalisi itu tidak hanya secara kelembagaan tapi juga secara personal. Prinsipnya, komunikasi politik tetap dan terus dilakukan ke depan,” sebut Suku Kotan.

Pendaftaran Gabriel Suku Kotan ke PDIP ini tergolong cepat dan mendadak, dan sepertinya ada skenario politik besar yang sedang dimainkan, entah oleh siapa. Yang jelas, dalam hitungan jam, Gabriel Suku Kotan diperintahkan untuk segera melamar ke PDIP. PDIP pun membuka pintu bagi Gabriel Kotan untuk mendaftar. “Ini jalan Tuhan, saya ikuti saja dinamika ini dengan harapan agar saya bisa lahir dari rahim PDIP untuk mengikuti Pilkada Lembata tahun 2017. Siapapun yang dicalonkan PDIP sebagai bupati, saya siap berkolaborasi dengan segala kemampuan dan pikiran untuk Lembata yang lebih baik,” tegas Gab kepada wartawan

Asal tahu, Gabriel Kotan sudah mendaftar ke enam partai politik di Lembata, yakni Hanura, PKS, Nasdem, PKPI, Demokrat dan terakhir di PDI Perjuangan. (jdz)

Foto : Bakal calon wabup Lembata, Gabriel Suku Kotan, diapit ketua Desk Pilkada PDIP NTT, Nico Frans dan Sekretaris Eman Kolfidus, menggelar konferensi pers di DPD PDIP NTT, usai menerima pendaftaran Gab Kotan.