Pesona Kerikil Seribu Warna di Pantai Kolbano

by -104 views

KOLBANO – Pantai Kolbano merupakan sebuah objek wisata pantai yang terletak di Desa Kolbano, Kabupaten Soe, Nusa Tenggara Timur. Salah satu pantai unik dan cantik dengan kerikil seribu warna bertekstur lembut, hanya ada di Nusa Tenggara Timur. Kondisi pantai yang masih sangat asri dan alami serta menyajikan pesona pantai yang indah mempesona.

Pantai Kolbano memiliki keunikan tersendiri yang lain daripada yang lain. Biasanya sebuah pantai memiliki pasir putih atau warna lain di tepiannya, tidak begitu dengan Pantai Kolbano. Di tepi pantai ini dihiasi kerikil-kerikil warna-warni yang lembut dengan ukuran sebesar jari kelingking hingga kepalan tangan.

Pantai ini terkenal dengan kerikil seribu warna. Banyak wisatawan datang berkunjung untuk mengambil kerikil berwarna untuk dipakai menghiasi rumah maupun taman. Saat ini kerikil berwarna ini sudah sangat terkenal dan sudah dieksploitasi dan sudah dikirim keberbagai daerah.

Tetapi banyak wisatawan yang tidak bisa menikmati atau mandi di pantai Kolbano disebabkan arus atau gelombang yang cukup besar dan kedalamannya yang cukup curam.

Di Pantai Kolbano juga terdapat sebuah bongkahan batu besar berbentuk seperti kepala singa atau kepala manusia yang disebut Fatu Un dan menjadi keunikan tersendiri. Pantai Kolbano berjarak ± 80 km arah selatan Kota Soe dan dapat ditempuh ± 1,5 jam s/d 2 jam dengan menggunakan angkutan umum, rental mobil maupun motor ojek.

Pantai ini masih sangat asri dan alami dan pantai landai berpasir putih sepanjang puluhan km, dengan gulungan ombak 4-7 gulungan yang cocok untuk selancar dan saat ini sudah banyak wisatawan baik dari Kabupaten TTS maupun dari luar.

Sejauh mata memandang, terlihat hamparan kerikil warna-warni dan pasir putih yang sangat indah, belum lagi air lautnya yang begitu jernih dan bersih. Pengunjung bisa menikmati pantai ini dengan bermain kerikil ataupun berenang di tepi pantai, namun tidak disarankan sampai ke tengah karena kadangkala ombaknya besar.

Pada akhir pekan maupun liburan, banyak dikunjungi wisatawan atau sekedar rekreasi keluarga. Selain dihiasi batu kerikil cantik, di bagian pantai yang biasa disebut fatu un ini terdapat sebuah batu raksasa yang berdiri dengan megahnya. Perpaduan antara kemegahan batu raksasa tersebut dengan kerikil halus berwarna-warni inilah yang menjadi daya tarik utama pantai Kolbano untuk menarik wisatawan. (jdz/st)

Foto: Pesona kerikil warna warni yang hanya ada di Pantai Kolbano, Kabupaten TTS.