Paket Deno-Madur Makin Menguat di Akar Rumput

by -65 views

Pagal, mediantt.com – Tensi politik di Kabupaten Manggarai menuju Pilkada serentak akhir tahun 2015 ini makin memanas. Tim sukses dari paket-paket yang maju bertarung, terus melakukan gerilya politik di tingkat akar rumput. Namun, rekaman sementara di akar rumput menunjukkan dukungan yang terus menguat kepada paket Deno Kamelus-Viktor Madur, yang popular dengan tagline DM (Deno-Madur).

Kepada mediantt.com yang melakukan tour jurnalistik ke Flores dalam payung Asosiasi Jurnalis Media Online (AMO) NTT, Sabtu (4/7/2015) petang, warga di Desa Gapong, Kecamatan Cibal, polos menyatakan dukungan penuh terhadap paket Deno-Madur. Alasannya, menurut Silvester Bayang, rakyat kecil mendukung paket Deno-Madur karena figuritas Deno Kamelus yang telah menunjukkan karya  nyata selama 10 tahun menjadi Wakil Bupati mendampingi Chris Rotok.

“Kami sudah merasa dekat dengan Pak Deno, karena selama 10 tahun menjadi wakil bupati, sudah banyak berbuat, dan hasilnya pun sudah kami rakyat kecil rasakan. Kami juga hanya kenal Pak Deno,” polos Yuven yang diamini warga lainnya, Juventus Jacob.

Menurut Juven, memang ada banyak calon dari wilayah Kecamatan Cibal, termasuk Sebastian Salang, yang selama ini besar dan berdomisili di Jakarta, tapi mayoritas warga Cibal yang memiliki 9 ribu pemilih lebih ini dipastikan bakal memberikan dukungan kepada paket Deno-Madur, yang maju dengan spirit politik “Nai  ca anggit ca leleng, atau bersama rakyat, lanjutkan pembangunan Manggarai”.

“Ada beberapa calon dari wilayah Cibal, termasuk Pak Sebastian Salang, tapi kami lebih kenal Pak Deno karena sudah bekerja untuk rakyat selama 10 tahun sebagai wakil bupati. Kalau Pak Sebastian yang sudah terkenal di Jakarta, sebaiknya tetap di sana untuk memberikan dukungan terhadap pemerintah kabupaten Manggarai,” kata Silvester.

Sementara itu, warga Kelurahan Pagal, Servasius Jenas, juga memberikan pendapat senada. Menurut dia, paket yang bakal menang dalam Pilkada pada 9 Desember 2015 adalah Deno-Madur. Alasannya, kata dia, Deno telah menunjukkan keberpihakannya kepada rakyat selama menjadi wakil bupati, sementara paket yang lain, yang juga meramaikan bursa politik pilkada ini hanya sebegai penghibur saja. “Rakyat Manggarai tahu siapa yang harus dipilih karena sudah merasakan kepemimpinan Pa Deno, paket yang lain hanya sebagai penghibur saja,” ujarnya.

Kantongi SK Tiga Parpol

Seperti diberitakan, pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Manggarai Deno Kamelus dan Victor Madur sudah mengantongi Surat Keputusan (SK) dukungan dari tiga partai politik, yaitu PKPI, PBB dan PKS.

Tiga partai tersebut memiliki empat kursi di DPRD Manggarai. Dengan demikian, pasangan DM ini membutuhkan minimal tiga kursi  lagi untuk bisa menjadi calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung dalam Pilkada 9 Desember 2015.

Deno kepada sejumlah wartawan di Ruteng, Sabtu (13/6/2015) mengatakan, SK dukungan dari PKPI dan PBB sudah dia terima beberapa waktu lalu. Sedangkan SK dukungan dari PKS baru dikantongi setelah dirinya bertemu dengan pimpinan partai itu di Jakarta.

“Saya baru pulang Jakarta bertemu pimpinan PKS, SK sudah saya pegang,” ujarnya.

SK dukungan DPP PKS itu tertanggal 11 Juni 2015 ditandatangi Presiden DPP PKS Muhammad Anis  Matta dan Sekretaris Jenderal PKS Muhammad Taufik Ridlo.

Di DPRD Manggarai PKS memiliki satu kursi. PKPI dan PBB,masing-masing memiliki dua dan satu kursi.

Untuk melengkapi dukungan dari tiga partai itu,Deno mengatakan, saat ini dirinya sedang menjalin komunikasi intesif dengan tiga partai politik lainnya. Beberapa partai tersebut kata dia sudah memberikan sinyal dukungan yang kuat. (AMO/jdz)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments