Potensial Besarkan PDIP, Jokowi Ungguli Mega dan Puan

by -19 views

JAKARTA – Figur Joko Widodo dianggap paling layak untuk memimpin dan membesarkan PDI Perjuangan. Berdasarkan sensus Centre Strategic of International Studies (CSIS), Jokowi mengungguli dua tokoh dari trah Bung Karno, yakni Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani.

Jokowi mendapatkan indeks tertinggi dengan 26,6 persen. Sementara Puan mendapatkan 22,8 persen dan Megawati 15 persen. Nama lain yang dianggap bisa memimpin partai berlambang banteng moncong putih adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (9,1 persen) dan Mendagri Tjahjo Kumolo (8,9 persen).

Survei CSIS dilakukan dengan metode wawancara terhadap ketua DPC PDIP pada 28 provinsi dan 467 kabupaten/kota.

Namun, hasil sensus itu sepertinya tidak mencerminkan apa yang akan terjadi pada kongres IV PDIP di Bali, 9-12 April mendatang. Sebab, Megawati hampir pasti akan kembali menjabat sebagai ketua umum PDIP. “Megawati mampu mengantongi suara sebanyak 320 DPC dengan kisaran 68,5 persen sebagai calon ketum PDIP,” kata peneliti CSIS Arya Fernandes di kantor CSIS, Jakarta, Rabu (1/4).

Menurut Arya, Megawati memiliki keunggulan sebagai figur yang paling mumpuni dalam aspek kepemimpinan, manajemen organisasi, dan integritas. “Megawati sudah unggul dalam hak pemilihan suara ketua umum dan handal dalam tiga hal figur tersebut. Tetapi, kenapa soal siapa yang mampu membesarkan partai, Megawati kalah jauh?” tandas Arya.

Pengamat dan peneliti CSIS Philips J. Vermonte menilai, hasil sensus tersebut menjadi bukti bahwa kader PDIP masih santun terhadap Megawati dan terkesan malu-malu untuk keluar dari kultur yang ada.

Ketua DPP PDIP Andreas Pareira mengatakan, hasil survei tersebut tidak lepas dari posisi Jokowi saat ini sebagai pemimpin pemerintahan. Para kader PDIP memiliki harapan besar kepada Jokowi. Menurut Andreas, hal itu merupakan cara pandang yang rasional dari kader politik PDIP.

Senada, Ketua DPP PDIP Maruarar Sirait mengatakan, Jokowi dinilai mampu membesarkan partai karena dia seorang kader PDIP. Perannya akan lebih besar jika mampu membawa PDIP memenangkan pilkada. “Tentu, itu akan semakin baik untuk partai,” tegasnya. (jp/jk)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments