Survei Charta Politika: Elektabilitas Umbu Lili Unggul dari Chris Praing

by -334 views

Umbu Lili Pekuwali

KUPANG, mediantt.com – Hasil survei Charta Politika menunjukkan elektabilitas bakal calon Bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali, unggul dari Christofel Praing, di Pilkada Sumba Timur.

Survei terhadap elektabilitas calon Bupati Sumba Timur ini dilaksanakan pada 29 April – 4 Mei 2024, dengan jumlah responden mencapai 400 orang.

“Survei ini dilaksanakan dengan metode tatap muka atau face to face, menggunakan multistage random sampling,” tulis Charta Politika dalam rilis survei yang diterima media, Sabtu (8/6/2024).

Hasil survei ini menyebutkan, pada pertanyaan jika Pilkada Sumba Timur dilaksanakan hari ini, maka dari simulasi 4 nama, Umbu Lili Pekuwali unggul 41,0%, dari Christofel Praing yang meraih 35,5%, David Melo Wadu 9,0%, Stevanus Come Rihi 1,3%, dan sisanya 13,3% tidak tahu atau tidak menjawab.

“Dalam survei yang sama dengan simulasi 3 nama, Umbu Lili Pekuwali juga unggul 41,3%, dari Christofel Praing yang meraih 36,3%, David Melo Wadu 9,0%, dan sisanya 13,5% tidak tahu atau tidak menjawab,” tulis Charta Politika.

Sementara dalam simulasi 2 nama, Umbu Lili Pekuwali juga dipastikan unggul 44,0% dari Christofel Praing yang meraih 37,3%. Sisanya 14,8% responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Yonatan Hani Juga Unggul

Hasil positif juga diraih oleh bakal calon Wakil Bupati Yonahan Hani yang mendampingi Umbu Lili Pekuwali. Pada pertanyaan jika Pilkada Sumba Timur dilaksanakan hari ini, maka siapa calon Wakil Bupati yang dipilih?
Survei Charta Politika menemukan Yonathan Hani unggul 50,8% dibandingkan Frangky Ranggabani yang meraih 18,8% dan Yunus Takandewa yang meraih 5,5%.

“Apabila Umbu Lili Pekuwali dan Yonathan Hani berpasangan, maka pasangan ini akan meraih 49,8% suara. Unggul dari Khristofel Agung Praing dan Franky Ranggambani yang meraih 34,0%,” tulis Charta Politika.

Sekedar tahu, dalam Pilkada Kabupaten Sumba Timur tahun ini, Umbu Lili Pekuwali dan Yonathan Hani dipastikan berpasangan. Keduanya diusung oleh Partai Golkar dan NasDem. (ab/llt/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *