Lewa Raya Solid ke Melki Laka Lena di Pilgub dan Duet ULP-YH di Sumba Timur

by -189 views

Masyarakat Lewa Raya menghadiri deklarasi dukuungan untuk Melki Laka Lena di Pilgub dan duet ULP-YH di Sumba Timur.

WAINGAPU, mediantt.com – Warga masyarakat Lewa Raya tumpah rua di lapangan PPMT Kelurahan Lewapaku, Kecamatan Lewa, Kabupaten Sumba Timur, Jumat (14/6/2024). Mereka menggelorakan dukungan kepada Wakil Ketua Komisi IX DPR RI yang juga Ketua DPD I Golkar NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena untuk maju bertarunng menjadi Gubernur NTT pada pilkada serentak 27 November 2024.

Koordinator Relawan Satu Sumba untuk Melki Laka Lena, Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto kepada SelatanIndonesia.com menyebut, deklarasi dukungan terhadap Melki Laka Lena itu dilakukan bertepatan dengan acara konsolidasi tim pemenangan calon bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali-Yonathan Hani atau yang dikenal dengan sandi politik ULP-YH.

“Ada sekitar 15.000 lebih warga masyarakat Lewa Raya datang hari ini yang merupakan perwakilan dari empat kecamatan di Lewa Raya. Warga sangat antusias memberikan dukungan untuk Pak Melki Laka Lena saat pilgub nanti. Juga, warga Lewa Raya menyatakan dukungan penuh kepada pasangan Umbu Lili Pekuwali dan Jonathan Hani pada pilkada Sumba Timur nanti,” tegasnya.

Umbu Kabunang mengatakan, kondisi NTT saat ini harus dipimpin oleh sosok dengan kapasitas dan jaringan yang mumpuni seperti Melki Laka Lena. Pasalnya, menurut dia, kondisi fiskal provinsi NTT saat ini sedang dalam tindihan beban berat. Beban dimaksud adalah utang pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp 1,3 triliun.

Utang itu harus diangsur pengembaliannya selama empat tahun, sejak 2024 hingga lunas di tahun 2028. “Angsuran ditambah pokok pinjaman langsung dipotong dari DAU. Dengan utang itu membuat APBD NTT sangat tertekan, apalagi jika menjadi satu-satunnya andalan mendongkrak pembangunan di provinsi ini,” katanya.

“Untuk menghadapi kondisi itu, dan agar pembangunan di NTT tetap berlanjut, maka dibutuhkan sosok Gubernur NTT yang memiliki kemampuan luar biasa untuk menyiasatinya. Dan sosok yang pantas adalah Wakil Ketua Komisi IX DPR RI yang juga Ketua DPD I Golkar NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena,” tambah pengacara Nasional asal Sumba ini.

Menurut Umbu Kabunang Rudiyanto, Melki Laka Lena adalah sosok yang punya visi besar, cerdas, progresif, rendah hati dan punya pergaulan sangat luas, entah ke atas, ke samping atau ke bawah. “Pak Melki Laka Lena juga dikenal luas, tidak hanya oleh kalangan ketum parpol, tokoh bangsa dan berbagai pihak lainnya, tapi juga oleh Presiden,” sebut Umbu Kabunang Rudiyanto.

Dia juga menyebut sosok Melki Laka Lena adalah pendatang baru di Senayan atau DPR RI, namun sudah mendapat kepercayaan sebagai Wakil Ketua Komisi IX. “Pak Melki Laka Lena itu, satu-satunya wakil rakyat asal NTT di Senayan yang kini menduduki jabatan pimpinan komisi. Jadi mulai Presiden, Ketum Golkar serta para pimpinan Parpol lain dan para elite bangsa ini sangat mengenal Pak Melki Laka Lena. Modal relasi seperti ini memudahkan Pak Melki Laka Lena memperjuangkan berbagai paket pembangunan untuk NTT,” katanya.

“Apa lagi Pak Melki Laka Lena menjadi ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) pasangan Prabowo Subiyanto dan Gibran Rakabuming Raka dan membawa pasangan ini menang telak di NTT. Ini membuktikan kedekatan yang sitimewa Pak Melki Laka Lena dengan Presiden dan Wakil Presiden terpilih sehingga menjadi salah satu keungggulan Pak Melki Laka Lena dalam membangun NTT,” ujarnya menambahkan.

Berbagai keunggulan komparatif yang melekat pada diri Melki Laka Lena itulah menjadi alasan mendasar bagi masyarakat medukung Melki Laka Lena. “Kita kerahkan semua kekuatan, menggalang dukungan masyarakat untuk memenangkan Pak Melki Laka Lena pada pilgub NTT 27 November 2024 mendatang,” tegas Umbu Kabunang Rudiyanto.

Untuk diketahui, Melki Laka Lena telah menyatakan keseriusannya untuk maju bertarung dalam pencalonan Gubernur NTT periode 2024-2029. Ia telah mendaftarkan diri pada sejumlah partai politik yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat (PD), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Bahkan ada sinyal kuat, bergabungnya Partai Gerindra untuk mendukung Melki Laka Lena di pilgub nanti. Tidak hanya itu, deklarasi dukungan terhadap Melki Laka Lena mulai bermunculan dari berbagai pelosok NTT diantaranya di Labuan Bajo, Kefamenanu, Kota Kupang dan Sumba Timur.

Menurut informasi yang dhimoun, dalam waktu dekat berbagai kelompok masyarakat di seluruh kabupaten di NTT akan mendeklarasikan dukungan kepada Melki Laka Lena untuk maju menjadi Gubernur NTT periode 2024-2029.

Solid Dukung ULP-YH

Dukungan untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali-Jonathan Hani atau yang dikenal dengan sandi politik ULP-YH makin meroket. Arus dukungan untuk pasangan bupati dan wakil bupati yang diusung Golkar, NasDem dan PKB itu kian bermunculan dari seluruh pelosok Sumba Timur.

Fungsionaris DPP Partai Golkar asal Sumba, Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto yang diuhubungi, Jumat (14/6/2024) mengatakan, dukungan kepada pasangan ULP-YH makin kencang di masyarakat pasca pengumuman hasil survey Charta Politika. “Umbu Lili Pekuwali unggul jauh dengan competitor lainnya dalam survei yang digelar oleh lembaga survei Charta Politika,” katanya.

Dalam dokumen hasil survei yang diperoleh SelatanIndonesia.com, dijelaskan Umbu Kabunang Rudiyanto, survei terhadap elektabilitas calon Bupati Sumba Timur ini dilaksanakan pada 29 April – 4 Mei 2024 dengan jumlah responden mencapai 400 orang. “Survei ini dilaksanakan menggunakan metode tatap muka atau face to face, menggunakan multistage random sampling. Hasil survei ini menyebutkan, pada pertanyaan jika Pilkada Sumba Timur dilaksanakan hari ini, maka dari simulasi 4 nama, Umbu Lili Pekuwali unggul 41,0%, dari Christofel Praing yang meraih 35,5%, David Melo Wadu 9,0%, Stevanus Come Rihi 1,3%, dan sisanya 13,3% tidak tahu atau tidak menjawab,” tulis Charta Politika.

“Dalam survei yang sama dengan simulasi 3 nama, Umbu Lili Pekuwali juga unggul 41,3%, dari Christofel Praing yang meraih 36,3%, David Melo Wadu 9,0%, dan sisanya 13,5% tidak tahu atau tidak menjawab,” tulis Charta Politika.

Sementara dalam simulasi 2 nama, Umbu Lili Pekuwali juga dipastikan unggul 44,0% dari Christofel Praing yang meraih 37,3%. Sisanya 14,8% responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Yonatan Hani Juga Unggul
Hasil positif juga diraih oleh bakal calon Wakil Bupati Yonahan Hani yang mendampingi Umbu Lili Pekuwali. Pada pertanyaan jika Pilkada Sumba Timur dilaksanakan hari ini, maka siapa calon Wakil Bupati yang dipilih?
Survei Charta Politika menemukan Yonathan Hani unggul 50,8% dibandingkan Frangky Ranggabani yang meraih 18,8% dan Yunus Takandewa yang meraih 5,5%.
“Apabila Umbu Lili Pekuwali dan Yonathan Hani berpasangan, maka pasangan ini akan meraih 49,8% suara. Unggul dari Khristofel Agung Praing dan Franky Ranggambani yang meraih 34,0%,”% tulis Charta Politika.

Sekedar tahu, dalam Pilkada Kabupaten Sumba Timur tahun ini, Umbu Lili Pekuwali dan Yonathan Hani dipastikan berpasangan. Keduanya diusung oleh Partai Golkar, NasDem dan PKB. (ab/llt/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *