Sudah Saatnya Masyarakat Tinggalkan Energi Tak Terbarukan dengan Biogas

by -150 views

Kadis PMD NTT, Viktor Manek didampingi Kabid Pembangunan dan PMD Belu, Anita Manek dan Kepala Desa Dafala, Leonardus Kehi saat membuka Pelatihan Pembuatan Sarana Energi Biogas di Desa Dafala, Kamis (1/7/2021)

KUPANG – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi NTT Viktor Manek, melalui Kepala Bidang Pengembangan dan Potensi Desa Ahmad Buhari, mengatakan, belum lama ini, Dinas PMD NTT telah melaksanakan Pelatihan Pemasangan Sarana Energi Alternatif Biogas di Desa Dafala, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu.

Ahmad yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan, kegiatan pelatihan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas PMD Provinsi NTT pada hari Kamis (1/7/2021).

“Ya, Pak Kadis yang langsung membuka kegiatan pelatihan ini,” ujar Ahmad.

Kegiatan ini, lanjut Ahmad, bermaksud untuk meningkatkan penyebarluasan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat dalam memanfaatkan dan mengelola potensi alam, dalam hal ini adalah limbah ternak untuk dijadikan sumber energi alternatif yang dapat digunakan secara massal dan berkesinambungan.

Selain itu, masih menurut Ahmad, dengan adanya pelatihan ini dapat mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap sumber energi tak terbarukan, misalnya minyak tanah.

“Sudah saatnya masyarakat meninggalkan energi tak terbarukan,” ungkapnya.

Ahmad juga menjelaskan, kriteria lokasi yang dapat dijadikan tempat untuk proses pembuatan Energi Alternatif Biogas ini. “Ada 4 kriteria, yakni tempat ini harus memiliki ternak sapi minimal 2 ekor yang dikandangkan, memiliki ketersediaan pakan ternak, memiliki sumber daya air yang baik dan yang terakhir adalah belum pernah menerima bantuan sarana biogas,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk sasaran penerima pelatihan untuk tahun ini hanya sebanyak 10 kepala keluarga, hal ini disebabkan karena terbatasnya anggaran yang dialokasikan. (jely)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments