Lantik Pejabat, Wagub Minta Aksi Nyata Anda Tentukan NTT Bangkit atau Tidak!

by -621 views

KUPANG – Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi (JNS) melakukan Pengukuhan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas Lingkup Pemerintah Provinsi NTT di Aula Fernandes, Kantor Gubernur, Jumat (19/3). Pelantikan tersebut dihadiri beberapa perwakilan pejabat yang dilantik, sementara yang lainnya mengikuti secara virtual dari kantor masing-masing.

“Aksi nyata anda ditunggu masyarakat NTT. Dan usaha yang anda lakukan akan menentukan daerah ini bangkit atau tidak. Kita ini adalah pelayan. Pelayan itu artinya melayani orang, bukan dilayani. Layanilah dengan hati. Tidak hanya dengan otak tapi juga dengan hati dan otot. Ketiganya harus jalan seimbang,” jelas Nae Soi.

Menurut Wagub, pelantikan bukan sekadar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan tertentu. Melainkan lebih diutamakan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka peningkatan kinerja pelayanan publik agar tetap berjalan untuk mencapai prioritas pembangunan.

“Kepada pejabat yang baru dilantik, saya dan bapak gubernur meminta kinerja dan totalitas kerja anda sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Anda telah dapat kepercayaan dari Pemerintah Provinsi NTT untuk jadi penggerak kebangkitan NTT pada sektor-sektor yang dipercaya untuk anda kelola. Kerja anda akan lebih keras daripada orang lain,” kata pria asal Ngada tersebut.

Mantan Anggota DPR RI itu meminta agar para pejabat yang dilantik memiliki analisis yang komprehensif dan integral. Harus berdasarkan data. Tidak boleh sekali-kali mengabaikan sistem pendataan.

“Seberapa canggih perangkat yang dipakai dalam bekerja, tapi kalau data yang dimasukan dalam perangkat tersebut adalah data sampah, maka keluarnya pun akan tetap sampah. Karena itu disiplin dalam menciptakan data yang berkualitas merupakan syarat mutlak yang tidak bisa ditawar bagi seorang ASN yang bekerja di Pemprov NTT,” jelas politisi Golkar tersebut.

Wagub Nae Soi juga mengatakan, keberhasilan visi NTT Bangkit Menuju Sejahtera dengan 5 misi utamanya ditentukan oleh kehadiran aparatur birokrasi yang handal dan berkualitas. Juga diperlukan sinergitas dengan semua pemangku kepentingan.

“Di dalam pelayanan publik, layani dengan hati sambil gembira. Jangan layani orang dengan cemberut. Hospitality management ada di ASN. Saya masih lihat banyak dari kita layani dengan cemberut. Orang sudah tunggu berjam-jam, tapi kita masih main handphone, masih ngobrol dengan teman-teman. Utamakanlah pelayanan kepada masyarakat. Jagalah martabat jabatan ini, jangan disalahgunakan untuk kebanggaan yang semu agar kinerja saudara dapat berkontribusi untuk daerah ini,” tegas Nae Soi.

Pengukuhan dan pelantikan para pejabat ini didasarkan pada Keputusan Gubernur NTT Nomor 816:.1/39/BKD/3.2 tentang Pengukuhan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, dan Pengawas serta Pemberhentian dan Pengangkatan PNS di Lingkup Pemerintah Provinsi NTT tangal 17 Maret.

“Pengukuhan dalam jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas serta Pemberhentian dan Pengangkatan PNS dari dan dalam jabatan Administrator dan Pengawas di Lingkup Pemerintah Provinsi NTT Tahun 2021 telah mempertimbangkan kualifikasi, kompetensi dan rekam jejak PNS sebagaimana telah direkomendasikan oleh Tim Penilai Kinerja dengan Berita Acara Nomor BPJK/02/III/2021 tanggal 12 Maret tentang Pembahasan Rencana Pengukuhan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas serta Pemberhentian dan Pengangkatan PNS di Lingkup Pemerintah Provinsi NTT,” demikian salah satu bunyi kutipan Keputusan Gubernur tersebut yang dibacakan Kepala BKD NTT, Henderina Sintince Laiskodat.

Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dikukuhkan adalah Cosmas D. Lana sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitan dan Pengembangan Daerah NTT, Yohanis Octavianus, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik, Petrus Seran Tahuk Kepala, Badan Pengelola Perbatasan Daerah NTT, Messerassi BV Ataupah, Kepala Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Catatan Sipil NTT, Ruth D. Laiskodat, Inspektur Daerah NTT, Doris A. Rihi, Kepala Biro (Karo) Pemerintahan Setda NTT, Alexon Lumba, Karo Hukum Setda NTT, Lerry Lupidara, Karo Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda NTT, George M. Hadjoh, Karo Umum Setda NTT, Jelamu Ardu Marius, Karo Administrasi Pimpinan Setda NTT, Siprinus Kelen, Karo Pengadaan Barang dan Jasa Setda NTT.

Juga turut dilakukan Pengukuhan dan Pelantikan Pejabat Administrator dan Pengawas pada Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi NTT. (aven/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *