Istri Ikut Bertarung, Sosimus Mitang Bakal Turun Gunung

by -158 views

Maumere, mediantt.com – Sosimus Mitang, mantan Bupati Sikka, dipastikan bakal turun gunung pada Pilkada Sikka 2018. Kali ini sudah pasti dia akan mendukung istrinya Firmina Sedo Mitang, yang akan bertarung sebagai Bakal Calon Wakil Bupati Sikka berpasangan dengan Bakal Calon Bupati Sikka Paolus Nong Susar.

Ditemui di rumahnya di Lokaria, Kecamatan Kangae, Rabu (26/4), Sosimus Mitang tampak duduk santai di ruang tengah. Dengan usia yang sudah tua dan kondisi yang sakit-sakitan, Sosimus mengaku justeru keterlibatan istrinya membuat dia makin tambah segar.

“Yah kondisi agak tidak sehat, tapi kalau sudah mulai ikut berpolitik tentu saya segar. Saya dukung sepenuhnya langkah politik Pa Nong Susar yang menggandeng istri saya,” kata Sosimus.

Meski dalam kondisi kurang sehat, dan hanya duduk saja di kursi,  Sosimus Mitang ikut mengontrol kesiapan istrinya yang akan mendaftarkan diri ke Partai Gerindra. Dia masih sempat mengingatkan kelengkapan berkas-berkas pendaftaran yang harus dibawa sebagai persyaratan sesuai permintaan panitia pendaftaran Partai Gerindra.

Sambil menunggu persiapan berkas-berkas yang disiapkan oleh Tim Keluarga, Sosimus Mitang masih sempat menerima kedatangan Paolus Nong Susar. Keduanya tampak berbincang santai dan tertawa lepas.

Sebagaimana diketahui, Sosimus Mitang adalah Bupati Sikka Periode 2008-2013, berpasangan dengan Wera Damianus. Pasangan dengan tagline Soda ini menang satu putaran. Waktu itu, Pilkada Sikka diikuti lima pasangan calon yakni Soda, Hei Doing-Remigius, Alex Bapa-Robi Idong (Abdi), Alex Longginus-Henyo Kerong (Ayo), dan Lando Mekeng-Frans Sura (Mesra).

Pada Pilkada 2013, Sosimus Mitang kembali mengikuti proses politik ini, berpsangan dengan Silvanus Tibo dengan tagline Solid. Pasangan ini hanya menempati posisi urutan keempat di bawah Alexander Longginus-Robi Idong (Alex-Idong), Yoseph Ansar Rera-Paolus Nong Susar (An-Sar), dan Rafael Raga-Heri Siku (Garansi).

Karena tidak mencapai persyaratan pemenang, akhirnya dilaksanakan pemilihan putaran kedua antara Alex-Idong melawan An-Sar, di mana dimenangkan oleh pasangan An-Sar. Sosimus Mitang disebut-sebut sebagai salah satu tokoh di belakang layar yang memenangkan An-Sar.

Untuk Pilkada Sikka 2018, Sosimus Mitang tidak lagi memberikan dukungan kepada Ansar Rera, tetapi justeru mendukung Paolus Nong Susar yang kebetulan berpasangan dengan istrinya.

Ketika ditanya tentang pandangan dia terhadap Ansar Rera yang kini adalah Bupati Sikka, Sosimus Mitang hanya tersenyum saja.

Pasangan bakal calon Paolus Nong Susar dan Firmina Sedo Mitang, Rabu (26/4), mendaftarkan diri melalui pintu Partai Gerindra. Selain pasangan dengan tagline Prima ini, Partai Gerindra juga menerima pendaftaran pasangan calon Ito Marviandi-Simon Subandi (Iman), Stephanus Say sebagai bakal calon Bupati, dan Kasimirus Bhara Beri sebagai bakal calon Wakil Bupati.

Paolus Nong Susar yang kini adalah Wakil Bupati Sikka merupakan Wakil Ketua Partai Gerindra Sikka. Dia adalah satu dari delapan kader Partai Gerindra yang disiapkan menjadi calon pemimpin.

Dalam kurun waktu satu minggu, Tim Tujuh akan memverifikasi berkas-berkas pendaftaran para bakal calon. Seluruh berkas yang sudah diverifikasi akan diserahkan kepada Partai Gerindra untuk kemudian diproses lanjut hingga mendapat persetujuan dari struktur organisasi partai tingkat atas yaitu DPP Partai Gerindra.

Selain berharap mendapat rekomendasi dari Partai Gerindra, paket Prima juga membawa bendera Partai Amanat Nasional.

Firmina Sedo mengakui dirinya diberikan surat pernyataan dukungan dari pimpinan PAN Sikka. Jika dua partai ini berkoalisi, maka komposisi dukungan yakni sebanyak 8 kursi DPRD Sikka sudah memenuhi persyaratan pencalonan yaitu minimal 7 kursi. (vicky da gomez)

Ket Foto: Pasangan bakal calon Paolus Nong Susar dan Firmina Sedo Mitang (Prima) tengah menyerahkan berkas pendaftaran kepada Tim Tujuh Partai Gerindra di Sekretariat Partai Gerindra, Rabu (26/4).