SMUN 1 Kupang Juara Umum Olimpiade Bahasa Jerman

by -54 views

Kupang,mediantt.com Ikatan Guru Bahasa Jerman Cabang Kupang (IGBJ) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Jerman Kota Kupang (MGMP), bekerjasama dengan SMUN 1 Kupang, menggelar Olimpiade Bahasa Jerman tingkat Provinsi NTT.  Dan, SMA Negeri 1 Kupang menyabet juara umum.

Acara ini digelar di SMUN 1 Kupang, Sabtu (22/10) dan diikuti 13 sekolah setingkat SMU/Sederajat, yakn SMU Negeri 1, SMU Negeri 2, SMU Negeri 3, SMU Negeri 4, SMU Negeri 6, SMU Negeri 8, SMU Negeri 10, SMAk Giovanni, SMA Citra Bangsa, SMA Mercusuar,  SMAK Fides Kefamenanu, SMU Negeri 2 Kupang Timur, dan SMA Negeri 1 Fatuleu.

Peserta tahun ini paling banyak dari olimpiade yang sama tahun 2015 yang hanya dikuti oleh 8 sekolah. Olimpiade ini dirangkai dengan cerdas cermat.

“Semua rangkain kegiatan berlangsung hanya satu hari, karena semua soal dan kunci jawaban sudah dikirim dalam kondisi  segel oleh Deutsch Institute Jakarta,” kata Ketua Panitia, Dessy Maria Irwati Sikumbang, kepada mediantt.com, Sabtu (22/10).

Menurut Dessy, para juri diambil dari para guru Bahasa Jerman dari sekolah-sekolah yang tergabung dalam IGBJI dan MGMP, yakni bu Mirtu, Urbanus Suban Tukan (SMUN 4), Mea Paulus  (SMA Mercusuar), Ibu Siska  (SMUN 6) dan Yustinus Ola (SMUN 2 Kupang, yang juga adalah juri olimpiade.

Ia mengatakan, tujuan kegiatan dimaksudkan untuk menambah kemampuan siswa dalam berbahasa Jerman, memperkenalkan bahwa bahasa Jerman sebagai bahasa yang mudah digunakan.

Selain itu, menghidupkan kembali penggunaan bahasa Jerman sebab saat ini Jerman sedang mencari para pekerja untuk bekerja di negera itu.

Hasil lomba olimpiade, sebut dia, dari Kupang, daratan Timor, Rote, Sabu dan Alor, akan diambil dua orang pemenang dan wilayah Flores dan Sumba diambil dua orang, yang akan mewakili NTT ke ajang Nationale Deutschol Olympiade (Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional), yang akah dihelat di Jakarta, Januari 2017.

Para pemenang I-IV tingkat nasional akan mendapat beasiswa ke Jerman selama 1 bulan yang akan berangkat di bulan Juni-Juli.

Pantaun mediantt.com, Olimpiade Bahasa Jerman yang diikuti 46 siswa/siswi dari 13 sekolah, dilaksankan dengan sangat tertib dengan durasi waktu 50 menit untuk menulis dan mendengarkan (Lesen und Schieben), dimulai pukul 11.25-12.15 Wita, di Laboratorium Bahasa.

Khusus cerdas cermat digelar di aula. Soal olimpiade telah diatur oleh Deutsch Institute Jakarta, sedangkan soal cerdas cermat dan rangking I dibuat oleh para juri.

Hasil lomba olimpiade dari peringkat I-VI diraih oleh SMUN 1 Kupang ( Juara I Yeulike Desany, Juara II, Odilia Umboten, Juara III Juneartycha Tanesib), Cerdas Cermat Juara I SMA Katolik Fides-Kefa, Juara II dan Juara III SMUN 4 dan Rangking I Juara I Irene A Ndoen dan Juara II Evaline Nomleni dari SMUN 1,  Juara III Rahel Taebenu dari SMUN 10. (rony banase)

Ket Foto : Para pemenang Olimpiade Bahasa Jerman pose bersama usai kegiatan.