Portugal vs Wales: Tak Sekadar Panggung Ronaldo-Bale

by -129 views

Lyon – Pertandingan semifinal Piala Eropa 2016 antara Portugal dan Wales akan mempertemukan dua pemain bintang yang berada di klub yang sama, Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale. Dua pemain Real Madrid itu akan memimpin rekan-rekannya dalam laga yang dimainkan di Parc Olympique Lyonnais, Kamis (7/7) dini hari WIB.

Tak salah jika fokus laga nanti akan tertuju kepada dua pemain tersebut. “Dua pemain terbaik di planet. Saya kira tidak akan ada cinta yang hilang pada malam hari. Kita tahu apa yang dipertaruhkan, persahabatan apapun harus menunggu sampai setelah pertandingan,” ujar Chris Coleman, Pelatih Wales.

Namun Bale mengenyampingkan rivalitas dengan rekan seklubnya itu. Bale menegaskan dirinya hanya tertarik untuk bisa mencetak sejarah untuk negaranya.

“Ini pertandingan antara Portugal melawan Wales, tidak ada yang lain,” ujar Bale ketika ditanya pertemuannya dengan Ronaldo nanti.

“Sekarang tergantung kami. Kami harus tetap melakukan seperti yang sudah kami lakukan. Kami harus berpegang teguh pada hal tersebut.”

Dilihat dari penampilan di Piala Eropa 2016, Bale lebih kinclong. Mantan pemain Tottenham Hotspur itu bersaing dalam daftar topskorer dengan tiga gol yang dikemasnya, termasuk dua gol diantaranya melalui tendangan bebas.

Sedangkan Ronaldo baru mengemas dua gol dari lima pertandingan sejauh ini. Namun Pelatih Fernando Santos mengatakan meski minim gol, itu bukan berarti pemainnya itu bermain buruk.

”Jika Ronaldo tidak mencetak gol, itu bukan berarti dia tidak bermain baik. Ronaldo adalah panutan sebagai kapten tim. Dia melakukan tugasnya dengan baik. Dia ingin menang,” ujar Santos.

Namun patut diingat, laga nanti tak cuma sekadar pertarungan Ronaldo dan Bale. Di Portugal, masih banyak pemain yang patut diwaspadai, diantaranya Renao Sanches. Gelandang 18 tahun itu tampil brilian dan bisa disebut pahlawan Portugal ketika menyingkirkan Polandia lewat adu penalti. Tidak ketinggalan nama striker veteran Ricardo Quaresma yang dalam beberapa pertandingan menjadi penentu dan nama pemain sayap Nani yang kerap membuat kreasi di jantung pertahanan lawan.

Dari Wales, masih ada nama Robson Kanu yang menjadi penentu kemenangan tim ketika mengalahkan Slovakia di babak grup dan sumbangan satu gol ketika mengalahkan Belgia.

Sejauh ini pencapaian Wales di semifinal sudah menorehkan sejarah buat mereka. Pencapaian terbaik mereka di turnamen besar terakhir kali adalah sampai perempat final Piala Dunia 1958 di Swedia. Ketika itu mereka kalah dari Brasil 1-3.
Kini pencapaian itu terlampaui di Piala Eropa 2016 dengan melenggang ke semifinal berkat kemenangan 3-1 atas tim bertabur bintang Belgia.

“Kami sangat bangga dengan torehan tim di tahun 1958 silam. Mereka memiliki beberapa pemain menakjubkan,” ujar Chris Coleman, pelatih Wales.

“Tetapi seperti yang selalu kami katakan, kali ini adalah waktu kami untuk bersinar dan kami akan melakukan itu. Akan menjadi semifinal yang menakjubkan. Kami sudah mencetak sejarah dan mudah-mudahan bisa membuat lebih dari itu,” lanjutnya.

Wales akan menghadapi Portugal tanpa diperkuat Ben Davies dan Aaron Ramsey yang terkena skorsing akibat akumulasi kartu kuning. Tana Ramsey jelas menjadi kerugain besar buat Wales. Sejauh ini kontribusi pemain Arsenal itu untuk tim cukup mumpuni yakni satu gol dan empat assist.

James Collins kemungkinan akan dimainkan di jantung pertahanan untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Davies. Sedangkan posisi Ramsey akan digantikan Andy King.

Perkiraan Pemain:

Portugal (4-1-3-2): Patricio; Soares, Carvalho, Fonte, Eliseu; Pereira; Silva, Sanches, Mario; Nani, Ronaldo.

Wales (3-5-1-1): Hennessey; Chester, Williams, Collins; Gunter, Ledley, Williams, Allen, Taylor; Bale; Robson-Kanu.

Head to Head:

02/06/00 Portugal 3-0 Wales (Uji Coba)

Lima Pertandingan Terakhir Portugal:

01/07/16 Polandia 1-1 P Portugal (Euro 2016)

26/06/16 Kroasia 0-1 E Portugal (Euro 2016)

22/06/16 Hongaria 3-3 Portugal (Euro 2016)

19/06/16 Portugal 0-0 Austria (Euro 2016)

15/06/16 Portugal 1-1 Islandia (Euro 2016)

Lima Pertandingan Terakhir Wales:

02/07/16 Wales 3-1 Belgia (Euro 2016)

25/06/16 Wales 1-0 Irlandia Utara (Euro 2016)

21/06/16 Rusia 0-3 Wales (Euro 2016)

16/06/16 Inggris 2-1 Wales (Euro 2016)

11/06/16 Wales 2-1 Slovakia (Euro 2016)

(beritasatu.com/goal.com)