PT Bumi Indah Bangun Pabrik AMP di Penfui Timur

by -118 views

Kupang, mediantt.com – PT Bumi Indah peduli terhadap besarnya angka pengangguran di NTT. Karena itu, perusahaan itu sedang membangun pabrik Asphalt Mixing Plant (AMP) di Desa Penfui Timur, Kabupaten Kupang. Tujuannya, untuk memenuhi kebutuhan aspal di Pulau Timor. Pabrik AMP itu merupakan pabrik ke-5 di NTT, sebelumnya telah dibangun di Sumba Barat Daya (SBD), Adonara, Labuan Bajo dan Sumba Tengah.

Terang Wahyudi, salah satu penanggungjawab PT Bumi Indah kepada wartawan di Kupang, Selasa (19/4) menjelaskan, pabrik AMP di bangun di Desa Penfui Timur. Pabrik itu dibangun diatas lahan seluas 2 ha.

Tujuannya, kata Wahyudi, untuk memenuhi kebutuhan Aspal di NTT dan pabrik AMP yang dibangun di Desa Penfui timur itu merupakan pabrik ke-5 di NTT. Sebelumnya, PT Bumi Indah sudah dibangun di Labuan Bajo, Sumba Barat Daya (SBD), Sumba Tengah dan Adonara.

“Ini pabrik kelima yang dibangun di NTT untuk memenuhi kebutuhan aspal butas jalan di Pulau Timor,” kata Wahyudi.

Menurutnya, pembangunan pabrik ini, sangat didukung oleh masyarakat di Desa Penfui Timur, karena ramah lingkungan. Dimana, produksi pabrik yang dijadwalkan mulai beroperasi pada Juni 2016 ini memilik whote siklon yang dapat menampung debu dan asap sehingga tidak terjadi pencemaran udara.

“Sistem AMP ramah lingkungan yang menggunakan kolam, sehingga limbah berupa asap akan masuk dalam kolam yang sudah disiapkan, sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar,” katanya.

Wahyudi juga menjelaskan, pembangunan pabrik baru pada fondasi dan peralatan, sehingga dijadwalan baru akan beroperasi Juni 2016. Pengoperasian tergantung proyek yang akan dikerjakan. Jika Juni 2016 sudah ada proyek, maka bisa dioperasikan.

Dibangunnya pabrik ini, sebut dia, untuk menekan angka pengangguran di daerah itu, karena para pekerja melibatkan warga sekitar. “Tidak ada persoalan dengan warga sekitar terkait pembangunan pabrik ini, Masalah lahan, misalnya, telah diselesaikan dengan pemilik tanah dan memiliki sertifikat. Kami juga berjanji akan memperbaiki jalan masuk yang masih menggunakan sirtu untuk diaspal,” jelas dia.

Warga Desa Penfui Timur, Andre Parera, mengharapkan kehadiran pabrik AMP bisa menampung tenaga kerja lokal. Karena itu, kehadiran pabrik ini akan membawa nilai tambah bagi warga sekitar.

“Kehadiran pabrik melibatkan warga lokal. Kami Harap ada kontribusi dengan mempekerjakan anak- anak di daerah ini,” ujarnya.

Andre juga berharap agar jalan yang masih disirtu bisa diperbaiki, dengan demikian kehadiran pabrik ini bisa dinikmati warga. Warga sekitar merasakan ada sisi positif, dan masyarakat Desa Penfui Timur menanti kelanjutan pembangunan ke depan. “Prinsipnya sangat mendukung. Selain perbaikan jalan, PT Bumi Indah juga siap membantu warga untuk pembangunan gereja dan kegiatan sosial lainnya,” tegasnya. (che)

Foto : Proses pembangunan AMP di Penfui Timur.