Narapidana Rutan Bajawa Turut Serta Pilkada Ngada

by -109 views

Bajawa, mediantt.com Narapidana atau Napi pada rumah tahanan (Rutan) Bajawa, Kelurahan Tanalodu, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, turut berpartisipasi dalam pemilu kepala daerah. Warga rutan ini didampingi petugas rutan dan petugas pemungut suara menuju ke TPS 02, persis di Kapela Rutan Kelas II B untuk melakukan pencoblosan.
Informasi yang diperoleh mediantt.com, sebanyak 88 tahanan terdata untuk melakukan pencoblosan. Namun yang ikut hanya 80 orang, sisanya sudah sudah dibebaskan dan pindah ke Lapas Ende dan Ruteng.
“Dari 88 orang Napi, yang ikut pencoblosan di Rutan Bajawa hanya 80 orang. Sedangkan delapan orang yang sudah termasuk DPT tidak mengikuti pencoblosan. Karena enam orang bebas, satu warga napi pindah ke Lapas Ende dan satu lagi pindah ke Ruteng,” kata Kepala Rutan, Achmat Muchlisin, BcIp. S.Sos kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (9/12/2015)
Muchlisin mengatakan, para napi yang termasuk dalam DPT sebanyak 72 orang. Sementara 16 orang tergolong sebagai pemilih tambahan.
“Seluruh napi tanpa terkecuali, kita awasi ketat dibantu petugas Polres Ngada dan petugas pemilu,” katanya.
Selain para napi, jelas dia, warga sekitar juga mengikuti pemilukada di Rutan. Masyarakat yang sudah didata olek pihak PPS pada TPS 02 dijinkan melakukan pencoblosan.
“Tapi tetap kita arahkan warga ke TPS. Kita tidak menduga tetapi kita waspadai jangan sampai ada sesuatu yang melanggar,” pungkas Muchlisin.
Ketua PPS pada TPS 02, Rianusu Damianus mengatakan, jumlah seluruh pemilih pada TPS 02 sebanyak 121 pemilih. Jumlah tersebut termasuk warga Kelurahan Tanalodu yang menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut.
“Warga yang terdaftar dalam DPT juga menggunakan hak pilihnya di sini. Jadi, bukan hanya penghuni rutan saja,” ujar Damianus.
Seperti terlihat di Rutan Bajawa pada pukul 10.00 wita, para warga binaan Rutan terlihat antusias menunggu giliran ke bilik suara di TPS untuk mencoblos. Proses pemungutan suara juga berjalan lancar hingga pukul 13.00 Wita, yang dilanjutkan dengan proses perhitungan suara. (ian bala)

Ket Foto : Warga rutan Bajawa sedang melihat DPT yang berada di depan TPS persis di Kapela Rutan Bajawa. (Foto : mediantt.com/IAN BALA).