Massa KONSEP Emosi, Pilkada Ngada Nyaris Rusuh

by -140 views

Bajawa, mediantt.com — Pilkada serentak di Kabupaten Ngada yang aman dan lancer sejak pagi, nyaris rusuh setelah Paket Marianus Sae-Paulus Soliwoa yang popular dengan tagline MULUS, yang merasa sudah menang usai penghitungan suara sementara, melakukan pawai di Jalan Ahmad Yani menuju Jln Eltari. Pawai itu memantik kemarahan massa dari paket Kornelis Soi-Yosef Bei atau yang dikenal dengan KONSEP.

Pantauan mediantt.com, kejadian tersebut sekitar pukul 16.30 Wita setelah usai perhitungan suara. Massa paket Konsep memblokade Jalan Ahmad Yani mulai dari simpang tiga menuju Polres Ngada. Insiden tersebut mengundang tontotan masyarakat Tanalodu, Bajawa.
Menurut informasi yang diperoleh, massa paket Mulus melakukan pawai dengan euforia tingkat tinggi yang membuat massa konsep panas. Setelah melalui Konsep Center, massa Konsep menutupi jalur tersebut.
“Pengaruh mereka (Massa Mulus) pawai dan ribut-ribut di jalan. Ya, kami emosi,” ujar seorang warga yang mengaku pendukung Paket Konsep.
“Marianus siap penjara. P21 sudah ada. Kalau tidak, hukum di negara ini tidak berlaku,” teriak seorang pendukung Konsep di depan Konsep Center.
Kejadian tersebut menarik perhatian masyarakat Bajawa. Sekitar pukul 16.55 Wita, pihak keamanan dari Polres Ngada datang ke lokasi dan mengamankan massa. Massa penuh di badan jalan kemudian redah seketika karena polisi turun lengkap dengan senjata di markas Konsep Center.
Kepala Bagian Ops Polres Ngada, Yansen, mengatakan, kejadian tersebut akibat massa paket Konsep mendengar isu-isu dari paket tertentu unggul. Namun, dia menghimbau bahwa proses perhitungan suara masih berjalan sehingga masyarakat bisa menahan diri hingga mendapatkan hasil yang valid dari lembaga yang punya otoritas.
“Mereka dapat isu-isu katanya paket yang satu sudah menang. Tapi, kami himbau bahwa Pilkada masih berjalan dan belum selesai,” tegas dia.
Ia mengharapkan masyarakat bisa mendapatkan informasi yang sebenarnya dari pihak penyelenggara. Karena itu, dia berharap agar tidak menciptakan suasana yang tidak wajar.
“Anggota kami akan tetap patroli. Kita harap masyarakat bisa sabar,” ujar Yansen.
Hingga berita ini tayang, belum ada informasi dari pihak KPU terkait hasil perhitungan suara. Diperkirakan sekitar pukul 22.00 wita, bisa mendapatkan hasil perhitungan suara dari KPU. (ian bala)

Ket Foto : Massa Konsep menutupi badan jalan Ahmad Yani persis di depan Konsep Center sekitar pukul 16.50 wita. (Foto : mediantt.com/IAN BALA).