KPUD Ngada Belum Pastikan Hasil Perhitungan Suara

by -48 views

Bajawa, mediantt.com — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ngada hingga kini belum bisa memastikan hasil perhitungan suara Pemilukada Ngada. Sebab, rekapitulasi suara masih berjalan pada masing-masing Kecamatan.
“Kami belum dapat memberikan informasi kepada masyarakat terkait hasil perolehan suara dari masing-masing paket. Kami masih menunggu model C6 dari masing-masing Kecamatan, juga lampiran C1 dari setiap TPS. Kalau C1-nya cepat maka kita akan cepat,” jelas Ketua KPU, Thomas M. Djawa kepada awak media di kantor KPU, Rabu (9/12/2015).
KPU juga tidak bisa memastikan kapan perolehan suara secara cepat. Namun, pihaknya optimis informasi tidak lebih satu hari. “Malam ini kita akan scan data itu ke pusat data kita. Nanti masyarakat bisa langsung lihat di web kami,” kata Thomas.
Menurutnya, informasi yang beredar saat ini masih bersifat sementara dan tidak resmi. Karena itu, masyarakat diharapkan bersabar menunggu informasi secara pasti dari KPU.
“Kita belum bisa beri informasi sementara. Belum bisa, nanti kita akan sampaikan secara resmi,” ujarnya.
Pada tempat berbeda, Marsel Waja, warga Kelurahan Tanalodu kepada mediantt.com mengungkapkan, KPU bisa lebih cepat merekap perolehan suara untuk diinformasikan kepada masyarakat dari masing-masing paket. KPU diharapkan tidak menutup-nutupi informasi kepada masyarakat.
“KPU jangan tutup-tutup. Kami mau datang ke KPU tapi selalu berhadapan dengan polisi. Kami butuh informasi,” jelas dia.
Ia menegaskan, KPU dapat memberikan informasi secara transparan dan bertanggung jawab kepada masyarakat Kabupaten Ngada. “Kita minta transparan, dan jangan menutup-nutupi. Kita juga butuh informasi,” ujar Marsel.
Hingga berita ini ditayangkan, belum ada informasi hasil perolehan suara masing-masing paket dari KPU Ngada, (ian bala)

Foto : Ketua KPUD Kabupaten Ngada, Thomas M. Djawa, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (9/12). (Foto :mediantt.com/IAN BALA)