Pilkada Ngada ‘Aman’, TTU Terancam Ditunda

by -59 views

Kupang, mediantt.com – Pilkada Kabupaten Ngada periode 2015-2020 dipastikan ‘aman’ untuk dihelat pada 9 Desember 2015. Sebab, hajatan politik lima tahunan itu telah memiliki lebih dari satu paket, yakni empat paket bakal calon bupati dan wakil bupati yang telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ngada. Sementara Pilkada Pilkada di Kabupaten TTU, terancam ditunda ke 2017 karena hingga kemarin sore, hanya satu paket yang mendaftar ke KPU.

Informasi yang diterima dari KPU Bajawa, Selasa (28/7/2015) sore, empat pasangan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati Kabupaten Ngada periode 2015-2020 telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ngada pada tanggal 27 dan 28 Juli 2015.

“Paket ADIL (Adrianus Fono Dopo-Yohanes Vianey Sayangan) daftar kemarin tanggal 27, sedangkan hari ini paket MULUS (Marianus Sae – Paulus Soli Woa) jam 9 pagi tadi, diikuti paket KONSEP (Kornelis Soi – Yoseph Bei) dan terakhir PADI (Paulinus No Watu – Bernadinus Dhey Ngebu),” kata Ketua KPU Ngada, Thomas Djawa ketika dihubungi ke ponselnya dari Kupang.

Paket ADIL menggunakan jalur independen, sedangkan MULUS yang adalah paket incumbent (petahana) diusung Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), sedangkan KONSEP koalisi PDIP – Nasdem, dan PADI didukung Partai Gerindra – PKB.

Terancam Ditunda

Sementara dari TTU dilaporkan, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) periode 2015-2020 terancam ditunda hingga tahun 2017. Alasannya, hingga hari terakhir masa pendaftaran pada Selasa (28/7/2015), hanya satu pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, yakni Raymundus Sau Fernandes, S.Pt dan Aloysius Kobes, S.Sos yang popular dengan tagline DUBES.

Paket petahana yang masa tugasnya akan berakhir pada  21 Desember 2015 ini telah mendaftar ke KPU TTU pada Senin (27/7/2015) siang. Mereka diantar oleh ribuan massa pendukung dari berbagai penjuru kabupaten menggunakan truk, bus dan sepeda motor.

Gabriel Manek yang dua minggu terakhir digadang-gadang bakal diusung Partai Golkar dan siap bersaing dengan DUBES di Pilkada TTU, tiba-tiba tidak mendaftar ke KPU. Belum ada penjelasan resmi dari mantan Bupati TTU yang kini menjabat sebagai Anggota DPRD NTT itu. (cis/jdz)

Foto : Paket MULUS Jilid II saat mendaftar ke KPU, Selasa (28/7/15) sekitar pukul 09.00 Wita. (foto Sergapntt.com)  

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments