DPR Terima Penjelasan Jokowi Soal Pergantian Calon Kapolri

by -21 views

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan penjelasan alasan tentang calon Kapolri. Khususnya, pembatalan Komjen Pol Budi Gunawan (BG) dan mengusung nama baru Komjen Badrodin Haiti kepada seluruh pimpinan DPR, Komisi DPR dan, Fraksi DPR dalam rapat konsultasi di Gedung Nusantata IV DPR, Senayan, Jakarta, Senin (6/4/2015).

Presiden menyebut tidak dilantiknya BG sebagai Kapolri dikarenakan pelantikan tersebut menimbulkan kekacauan di masyarakat. Dengan alas an, demi menciptakan ketenangan di masyarakat, Jokowi mengusung nama baru, yakni Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri.

“Selain itu, saya juga menerangkan alasan lainnya, yaitu alasan sosilogis dan yuridis,” kata Jokowi seusai rapat konsultasi di gedung Nusantata IV DPR, Senayan, Jakarta, Senin (6/4).

Penjelasan yang disampaikan Jokowi mengenai Kapolri disambut positif oleh seluruh pimpinan DPR dan jajarannya. “Kami sangat puas dengan penjelasan yang telah disampaikan Jokowi,” kata Ketua DPR Setya Novanto.

Meskipun demikian, pembahasan Kapolri akan dikembalikan kepada mekanisme DPR. “Mekanismenya akan diserahkan kepada komisi yang terkait sesuai dengan UU MD3 dan Tatib. Serta, kami harapkan semuanya berjalan lancar dan tidak ada masalah,” kata Setya.

Rapat konsultasi tersebut telah berjalan dengan suasana yang sangat kekeluargaan. Tanpa adanya keributan dan perdebatan apapun. “Bahkan, terbilang dari hati ke hati,” tutur Jokowi. Agenda yang telah dibahas dalam rapat konsultasi tersebut akan dibawa pada rapat paripurna yang dijadwalkan, Selasa (7/4/2015). (jp/jk)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments