Stoner Berminat Gantikan Pedrosa

by -86 views

AALST – Cedera yang dialami pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa sepertinya menjadi kesempatan kedua bagi sejumlah pembalap atau mantan pembalap lain. Tak hanya untuk pembalap Jepang, Hiroshi Aoyama, yang sudah dikonfirmasi menjadi pengganti Pedrosa di dua seri balap (grand prix/GP) MotoGP berikutnya, namun juga untuk mantan pembalap MotoGP asal Australia, Casey Stoner.

Dilansir dari Autosport, Minggu (5/4), kubu Honda dan Stoner sempat melakukan diskusi terkait peluang kampiun MotoGP 2007 (kelas 500cc bersama Ducati) dan 2011 (bersama Honda) itu kembali ke lintasan balap bersama Honda. Namun, minimnya kesiapan Stoner membuat Honda menarik kembali gagasannya tersebut, meskipun sebelumnya Stoner sempat menulis, ‘akan menjadi kehormatan untuk menggantikan Pedrosa’, pada akun pribadi twitter-nya.

“Ya, kami pernah membicarakan hal itu. Tapi, ada sejumlah pro-kontra, jadi kami putuskan lebih baik untuk meninggalkan ide itu,” jelas Tim Manajer Repsol Honda Livio Suppo menanggapi cuitan Stoner kepada harian Italia, La Gazzetta dello Sport, yang dikutip Autosport, kemarin.

“Tapi, publik tidak menyadari betapa tingginya level kompetisi balap ini. Mempunyai rekam jejak kemenangan banyak tidak akan membuat seorang mantan pebalap bisa langsung kembali ke performa terbaiknya. Casey (Stoner) juga tidak begitu memahami (karakter) dua trek balapan selanjutnya, dan selama dua tahun terakhir, dia hanya mengendarai motornya selama empat hari saja,” sambungnya.

Selain Stoner, Honda juga sempat mengusulkan nama Troy Bayliss, yang saat ini masih aktif di ajang World Superbikes. Tapi, karena satu dan lain hal, posisi tersebut akhirnya jatuh ke tangan Aoyama.

Aoyama bukanlah sosok baru di arena MotoGP. Selain pernah menjadi kampiun kelas 250cc pada 2009 lalu, saat ini Aoyama juga masih tercatat sebagai pebalap penguji di Honda Racing (HRC).

Artinya, meski dari segi prestasi dia tidak sementereng Stoner, dari sisi kesiapan, Aoyama jelas lebih siap berkompetisi dan lebih paham dengan spesifikasi motor Honda saat ini serta karakteristik lintasan balap yang ada di musim kalender MotoGP 2015. (ind/jk)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments