Kualifikasi Euro 2016: Portugal Andalkan Pemain Veteran Saat Jamu Armenia

by -19 views

LOULE — Pelatih Fernando Santos memanggil lagi sejumlah pemain veteran yang pernah dibuang oleh pelatih Portugal sebelumnya, Paolo Bento. Nama-nama lawas seperti Tiago, Ricardo Carvalho dan Jose Bosingwa dibawa untuk membantu Portugal lolos ke Piala Eropa 2016.

Tiago percaya para pemain itu akan memberikan kemenangan saat Portugal menjamu Armenia di kualifikasi Grup I, dinihari nanti. Tiago yang disia-siakan selama empat tahun oleh pelatih sebelumnya, akhirnya kembali memperkuat Portugal setelah Santos memasukkan dalam susunan pemain yang dipersiapkan menghadapi Armenia.

Sebelumnya Santos juga sudah memainkan Tiago ketika Portugal melakoni ujicoba melawan Prancis dan laga kualifikasi melawan Denmark, Oktober lalu. Kembalinya Tiago juga diikuti oleh Ricardo Carvalho yang mengalami nasib hampir serupa.

Jose Bosingwa, 32 tahun, menjadi pemain veteran terakhir yang juga dimasukkan dalam skuad timnas arahan Santos. Ketiganya sudah berusia di atas 30 tahun. Namun Tiago yakin pengalaman yang dimiliki mereka akan sangat berguna untuk membawa Portugal lolos ke Prancis.

”Sangat menyenangkan bisa kembali bermain bersama teman-teman segenerasi karena kami menjalani banyak momen bagus bersama-sama. Untuk pemain yang lebih itu, ini juga akan menjadi penting karena mereka akan melihat kami sebagai rujukan. Ini akan membantu mereka untuk tidak terlalu merasakan tekanan,” kata Tiago dalam jumpa pers jelang laga kontra Armenia.

”Pengalaman kami punya arti penting untuk laga-laga seperti ini (kualifikasi Piala Eropa), yang akan berjalan kompleks dan kami tahu kami tak bisa rileks. Kami tahu stadion akan penuh, fans akan berharap kami memenangkan laga lebih awal. Menurut saya, pemain yang lebih berpengalaman bisa membantu mengantisipasi tekanan ini,” imbuh Tiago.

Portugal yang sempat dikalahkan Albania 0-1 pada laga perdana kualifikasi, berhasil bangkit dengan menjinakkan Denmark pada laga kedua. Kemenangan itu mengangkat kepercayaan diri Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan yang mengincar tiga poin dari Armenia dinihari nanti.

Saat ini Denmark dan Albania saat ini menjadi pemimpin klasemen Grup I dengan meraih empat poin dari tiga pertandingan. Portugal di peringkat tiga dengan koleksi tiga poin dari dua laga. Kemenangan dari Armenia akan meningkatkan tekanan kepada kedua tim tersebut.

Selain pemain-pemain tua, Santos juga tetap mengandalkan Cristiano Ronaldo yang tampil sangat konsisten bersama Real Madrid di musim ini. Gelandang Sporting CP, Nani. Seperti Ronaldo, Nani juga tampil positif bersama klub barunya dengan melesakkan enam gol dalam 13 laga di berbagai kompetisi musim ini.

Tapi Armenia juga berambisi meraih kemenangan pertama di laga kualifikasi ini. Mereka, terutama akan mengandalkan pemain bintangnya, Henrikh Mkhitaryan yang juga menjadi pilar Borussia Dortmund. Armenia akan menerapkan permainan kolektif yang cenderung bertahan untuk meredam permainan Portugal nanti. (ish)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments