Mengenal NORISA YAN, Caleg PKB yang Siap Perjuangkan Kesetaraan Gender

by -2,107 views

Jejak politiknya (tentu) tak seberapa dan belum sehebat yang lain. Tapi dia punya pemahaman yang sederhana dan utuh soal politik sebagai lahan pengabdian untuk memperjuangkan hak-hak orang kecil yang terpinggirkan di belantara kekuasaan. Siapakah sosok muda-energik sebagai pemain politik baru berbakat itu?

Namanya NORISA M. M. YAN, S.IP. Di blantika politik NTT mungkin dia belum punya nama besar. Belum dikenal luas. Tapi dari niat dan kehendaknya untuk berjuang di jalur politik bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Norisa berani bertaruh bersama para Caleg lain untuk merebut kursi DPRD Provinsi NTT dari Dapil Kota Kupang. Dapil yang amat kompetitif. Dia tidak mau hanya menjadi pelengkap untuk memenuhi quota 30 persen perempuan.

Namun sebagai Srikandi atau perempuan yang berani, dia punya motivasi besar; meniatkan misi khusus; memperjuangkan hak kaumnya, kaum perempuan, yang masih sering tersolimi dan terintimidasi.

“Motivasi saya menjadi caleg karena ingin membela hak-hak perempuan. Contohnya seperti ibu-ibu hamil yang hak-hak mereka kurang diperhatikan. Juga ibu-ibu yqng mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), bahkan masih banyak lagi. Saya sebagai perempuan muda ingin memperjuangkan hak asasi perempuan yang selalu dikategorikan kaum lemah dan saya ingin menunjukan kepada semuanya bahwa era sekarang kesetaraan gender itu harus terus disuarakan,” tegas Srikandi Politik PKB ini kepada mediantt.com, Senin (22/1/2024).

Alumni Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana ini mengatakan, tekadnya memperjuangkan keseteraan gender juga karena, kurangnya perhatian pemerintah kepada masyarakat pinggiran, sehingga membuat dia tergerak sebagai anak muda untuk masuk ke dunia politik dengan harapan bisa menjadi wakil rakyat yang adil dan bertanggung jawab.

Karena itu, gadis yang masih betah sendirian ini mengaku optomis dikenal banyak orang di dapilnya, sehingga pada saatnya, 14 Februari 2024, bisa dipilih sebagai wakil rakyat di DPRD Provinsi NTT dari PKB.

“Saya optimis banyak yang mengenali saya dan bukan cuma memilih saja tapi pasti memenangkan saya,” tegas
gadis kelahiran Kupang 17 Juli 1999 ini.

Menurut Caleg Nomor Urut 3 ini, jika dipercayakan atau mendapat mandat rakyat Kota Kupang untuk duduk di DPRD NTT, maka dia akan berjuang bagi orang-orang kecil dan terpinggirkan. Juga, merangkul kaum muda untuk bersama menjaga toleransi dan hidup bersama yang harmonis di Kota Kupang.

“Jika dipercayakan duduk di DPRD NTT, maka saya akan terus berjuang bagi orang orang yang selalu terpinggirkan, dan merangkul seluruh lapisan anak muda agar dapat bersama -sama membangun rasa toleransi dan hidup gotong royong antar sesama,” kata Norisa.

Dia juga berharap agar pemilih di Dapil 1 Kota Kupang memberikan peluang kepadanya untuk duduk di DPRD NTT. “Harapan saya kepada pemilih adalah memberikan kesempatan bagi saya selaku anak muda agar dapat terpilih nanti di 14 Ferbuari 2024,” harap Norisa Yan. (st/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *